Home Berita Ijin PT BLP Ubah Zona Hijau Pakuhaji jadi Pergudangan Disoal

Ijin PT BLP Ubah Zona Hijau Pakuhaji jadi Pergudangan Disoal

0

Zona hijau yang diduga beralih fungsi menjadi kawasan industri dan pergudangan di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang menjadi sorotan. Pasalnya, lahan yang kurang lebih sekitar 450 Hektar sudah dilaksanakan proyek pengerjaan oleh PT. Bangun Laksana Persada (BLP) untuk menjadi industri dan pergudangan.

Tim advokasi Lembaga Swadaya Masyarakat Fortuna (LSM Fortuna) Marjaya mempertanyakan ijin yang sudah diberikan oleh pemerintah setempat. Diduga ijin lokasi kawasan industri dan pergudangan tersebut tidak melalui prosuder yang benar. “Saya mengindikasikan PT. BLP ini mendapatkan ijin dengan cara yang tidak benar,” ujarnya saat ditemui oleh tangerangonline.id.

Terkait pembebasan lahan juga tidak sesuai dengan kesepakatan yang di buat PT. BLP bersama masyarakat yang memiliki tanah tersebut. “Sampai saat ini PT. BLP belum menyelesaikan pembayaran tanah masyarakat,” lanjutnya.

Ia juga mempertanyakan alasan Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan ijin kepada PT. BLP untuk dijadikan kawasan industri dan pergudangan. Padahal, jelas kawasan tersebut adalah zona hijau area lumbung ketahanan pangan dan telah menyalahi tata ruang Kabupaten Tangerang.”Lokasi sebenarnya ialah sawah. Kenapa Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat mengeluarkan ijin lokasi kawasan industri?” ujar Marjaya.

Akibatnya, menurut Marjana, ketahanan pangan nasional terkikis dengan hilangnya sekitar 450 Hektar di zona hijau Kecamatan Pakuhaji. “Ini bisa menghancurkan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang,” tutupnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here