Home Agenda Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016, Harmoni Budaya dan Ajang Silaturahmi

Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016, Harmoni Budaya dan Ajang Silaturahmi

0

Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang Selatan (LIMABETA) bakal menyelenggarakan Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016/ 1437 H di Jalan Jurangmangu Barat, Kelurahan Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 5 hingga 7 Agustus 2016.

Bagi masyarakat Betawi, acara tersebut menjadi momen puncak pemulihan diri dalam membina silaturahim dengan masyarakat sekitar. Acara ini bukan sekadar peringatan hari raya, melainkan juga penyatuan harmoni budaya yang telah berlangsung selama berabad-abad.

“Lebaran Betawi Tangsel digagas dari sebuah kegelisahan, karena memudarnya budaya dan kesenian yang berkembang dalam masyarakat Kota Tangsel yang mayoritas beretnis Betawi,” kata Muhidin, salah satu panitia Lebaran Betawi Tangsel 2016.

Melalui Lebaran Betawi Tangsel tahun 2016, diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar pelaku seni dan budayawan Betawi di Tangsel dan sekitarnya untuk menjaga dan melestarikan serta memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kesenian serta kuliner Betawi yang bertahan sampai dengan saat ini.

Dalam Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel, nantinya panitia akan memperkenalkan kembali rumah blandongan, rumah yang menjadi rumah adat bagi masyarakat Betawi tempo dulu.

Selain itu, selama gelaran berlangsung masyarakat juga bisa mengunjungi dan melihat gerai edukasi yang berisikan tentang alat-alat memasak, perabotan rumah tangga serta alat transportasi masyarakat Betawi pada era tahun 1950-an.

“Yang tak kalah menarik, pada saat pembukaan acara Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel para pengunjung akan disuguhkan seni dan tarian selamat datang yakni seni Ganjur (Pencak Silat Jalan Jurus), tari Lenggang Nyai, dan tari Sirih Kuning yang bagi sebagian orang sudah jarang menyaksikan seni dan tari tersebut dan akan dibawakan oleh anak-anak dari sanggar seni tari dan sekolah,” ungkap Muhidin, salah satu Panitia Gelaran Lebaran Betawi 2016.

Selama gelaran berlangsung, panitia mendekorasi dua buah panggung megah. pada kedua panggung tersebut masyarakat akan dimanjakan dengan hiburan dan kesenian Betawi.

“Lenong Betawi, Pantun Betawi, Tarian Betawi dan silaturahim lebih dari 50 padepokan dan perguruan Silat tradisi yang tersebar diseantero Jabodetabek juga tampil,” tambahnya.

Acara juga bakal menarik hingga selesai karena panitia juga akan menyediakan hiburan Band Betawi kenamaan yakni Band Biang Kerok yang dimotori oleh anak dari seniman multitalenta H Benyamin Sueb.

Perlu diketahui, acara Gelaran Lebaran Betawi 2016 yang akan dihelat  merupakan kerjasama LIMABETA dengan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangsel.

Rencananya, acara tersebut bakal dihadiri para ulama, seniman Betawi H serta seluruh komponen masyarakat yang ada Pondok Aren dan sekitarnya. (Rls/Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here