Home Berita Booth Honda di GIIAS 2016 Pikat Peminat Mobil Ramah Lingkungan

Booth Honda di GIIAS 2016 Pikat Peminat Mobil Ramah Lingkungan

0
SHARE

PT Honda Prospect Motor terus melakukan inovasi otomotif yang dapat memanjakan pelanggannya hingga dapat bersahabat dengan lingkungan. Seperti produk andalannya yakni Clarity Fuel Cell yang digelar dalam pameran GIIAS 2016 di Indonesia Convetion Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang sejak tanggal 11-21 Agustus 2016.

Produk Honda yang satu itu yakni Clarity Fuel Cell, berbeda dengan lainnya. Pasalnya, bahan bakar yang digunakan adalah hidrogen yang sangat ramah lingkungan. Produk inilah yang menarik para pengunjung menghampiri booth Honda dalam pameran GIIAS 2016.

Noriaki Abe, Chief Operating Officer Regional Operation (Asia dan Oceania) Honda Motor Co., Ltd mengatakan, alasan inovasi produknya tidak menggunakan bahan bakar minyak adalah sebagai solusi untuk berbagai isu seperti pemanasan global dan menipisnya bahan bakar fosil. Dengan mengembangkan Fuel Cell Vechile (FCV) yang hanya menghasilkan uap air tanpa CO2 (karbon dioksida).

“Honda Clarity Fuel Cell merupakan salah satu upaya yang dilakukan Honda untuk pelestarian lingkungan, khususnya dalam menekan emisi CO2. Mobil ini merupakan perwujudan komitmen Honda untuk menghadirkan teknologi canggih demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ungkap Noriaki Abe.

Tak hanya ramah lingkungan, Honda Clarity Fuel Cell juga membawa terobosan canggih dalam desain dan teknologi yaitu dengan model “Under the hood Powertrain” untuk pertama kalinya di dunia, dimana sel pembangkit listrik (Fuel Cell Stack) yang berukuran ringkas ditempatkan di bawah kap mesin di bagian depan. Sehingga memungkinkan bentuk sedan 5 penumpang ini sebagai kabin terlapang di kelasnya.

“Powertain pada Honda Clarity Fuel Cell dibuat lebih ringkas sebanyak 33 persen dibandingkan model sebelumnya. Powertain Fuel Cell ini dibuat sekompak mungkin seperti mesin berkonfigurasi V6, oleh karena itu, Powertain ini memungkinkan untuk digunakan pada kendaraan jenis sedan,” terang Noriaki Abe.

Honda Clarity Fuel Cell dengan tenaga hidrogen 70 Mpa dapat menempuh jarak tempuh kurang lebih 750 kilometer. Hal ini mengalami peningkatan 30 persen dibanding model FCV sebelumnya. Tenaga yang dihasilkannya adalah 130kW (140 PS). Untuk waktu pengisisan juga dibuat singkat, yaitu hanya 3 menit untuk menempuh jarak maksimalnya. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here