Home Berita Mahasiswa KKN UIN Resmikan Taman Baca Desa di Solear

Mahasiswa KKN UIN Resmikan Taman Baca Desa di Solear

0

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, mendirikan taman baca di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembuatan taman baca desa ini dilakukan oleh sejumlah mahasiswa UIN yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Program pembentukan taman baca ini mendapatkan penilaian positif dari masyarakat setempat. Ketua Pelaksana pembuatan taman baca, Deni Iskandar dalam sambutannya menuturkan, pembuatan taman baca ini, dilakukan sebagai upaya mahasiswa dalam mendorong semangat membaca masyarakat, terutama masyarakat Desa Cikuya.

“Kami berharap dengan dibuatnya taman baca ini, bisa membantu masyarakat, terutama masyarakat Desa Cikuya yang saat ini sedang belajar di bangku sekolah” ujar Deni Iskandar, Sabtu (13/08/2016)

Ketua Bidang Keilmuan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) ini juga menjelaskan, saat ini angka buta huruf di kecamatan Solear masih sangatlah tinggi. “Kami berharap, dengan dibuatnya taman baca ini, dapat membantu masyarakat Desa, dan juga menjadi solusi untuk meretas angka buta huruf,” jelas Deni Iskandar.

20160813_143506_1

Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan, temuan-temuannya selama menjalankan kuliah kerja nyata, berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa, di Kecamatan Solear, tingkat pendidikan masyarakat masih sangat rendah dan masih tertinggal.

Dari jumlah penduduk, lanjut Deni, sedikit sekali masyarakat yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Lulusan SMA, sangatlah minim, bisa terhitung jari, padahal wajib belajar sembilan tahun sudah menjadi program pemerintah,” lanjutnya.

Acara Peresmian Taman Baca ini dihadiri oleh Karang Taruna Desa Cikuya, Ketua RT/RW, Badan Pengawas Desa (BPD), Kepala Rusun (Jaro), aparat Desa Cikuya, dan juga Masyarakat setempat. (Uar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here