Home Berita Lestari, Gadis Kecil Gizi Buruk asal Balaraja Kesulitan Biaya Berobat

Lestari, Gadis Kecil Gizi Buruk asal Balaraja Kesulitan Biaya Berobat

0

Lestari (4), gadis kecil asal Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang di diagnosa gizi buruk oleh RSUD Balaraja. Meski kini berangsur-angsur pulih, pihak keluarga kesulitan biaya untuk terus melakukan berobat jalan ke rumah sakit.

Terlihat Lestari tengah asik bermain di dalam rumahnya yang berlokasi di tengah kampung Kedondong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, rumahnya hanyalah sebatas rumah reot yang seakan-akan hendak rumbuh. Bahkan dinding-dindingnya yang terbuat dari bambu terlihat lapuk digerus oleh jaman.

Lestari yang mulai berangsur-angsur sehat ini, terlihat asik menonton televisi di dalam rumahnya setelah dua minggu dirinya harus menerima perawatan khusus di rumah sakit Balaraja akibat gizi  buruk. Hanya televisi tua dan kipas angin yang merupakan harta, yang mungkin bisa dikatakan berharga milik keluarga Lestari.

Atmaja(45), Ayah Lestari menceritakan, sebelumnya lestari dikiranya sakit biasa karena berat badannya terus berkurang. Dirinya baru mengetahui setelah membawa Lestari ke Ke Puskesmas Tigaraksa.

“Pihak puskesmas ketika memerikas lestari, langsung mendiagnosa gizi buruk sambil merujuk ke RSUD Balaraja dan mengatakan bahwa Lestari memerlukan pertolongan segera,” ungkapnya.

Lanjut Atmaja, diawal dirinya merasa ragu membawa Lestari ke rumah sakit Balaraja, penghasilan saya paling banyak Rp. 50.000 per hari. “Jangankan untuk berobat ke dokter, untuk makan saja masih kekurangan. Namun karena darurat saya pasang badan saja,” ungkapnya.

Atmaja menambahkan, meski keluarganya merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional, namun Kartu Keluaga sehat atas nama lestari ternyata salah penulisan namanya tidak sama dengan kartu keluarga.

“Sehingga dirinya tidak bisa berbuat banyak, untung saja pihak kecamatan dan kelurahan membantu. Sehingga lestari di buatkan kartu BPJS sementara,” tegasnya.

Meski lestari sudah keluar dari rumah sakit, namun dirinya harus rutin melakukan cek up lantaran lestari selain gizi buruk juga di dapniosa plek pada paru-paru.

“Saya berharap pihak-pihak terkait dapat membantu, karena saya sendiri kesulitan membiayai berobat jalan untuk lestari. Saya berharap kedepanya lestari dapat tumbuh besar dengan baik dan sehat selalu,” tutupnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here