Home Berita Kaposkamling se-Tangsel Rapatkan Barisan dengan Polres

Kaposkamling se-Tangsel Rapatkan Barisan dengan Polres

0

Sebanyak 150 Kepala Pos Keamanan Lingkungan (Kaposkamling) se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti acara silaturahmi sekaligus arahan Kapolres Tangsel di Aula Polres Tangsel, Pondok Aren, Kota Tangsel, Jumat (9/9/2016) pagi.

Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan, kesiagaan keamanan, dan mempererat kekompakan dalam menjaga kondusifitas lingkungan. Apalagi, dalam pekan ini menjelang Hari Raya Idul Adha akan libur panjang.

Kasat Binmas Polres Tangsel AKP Tatang AS mewakili Kapolres Tangsel mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan silaturahmi dengan Kaposkamling untuk menggiatkan kembali keaktifan para petugas poskamling di Tangsel.

“Pada dasarnya secara peran kami (polisi) dan para petugas poskamling memiliki tugas yang sama yakni menjaga keamanan di lingkungan masyarakat menjadi kondusif,” ungkap AKP Tatang AS.

Diakuinya, sumber kejahatan paling potensi di kalangan masyarakat, maka itu perlu adanya koordinasi antara masyarakat dan kepolisian untuk menanggulangi kejahatan tersebut. “Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, juga dijelaskan masyarakat berperan aktif untuk menjaga keamanan lingkungan. Makanya, kita harus saling bermitra juga,” sebutnya.

Dia juga menyayangkan lemahnya produktivitas fungsi poskamling saat ini. Menurutnya, hal itu terjadi karena minimnya perhatian dari pemerintah setempat. Seperti Hidayat, petugas poskamling Kelurahan Pisangan, Ciputat yang ingin pihak Pemkot bekerjasama dengan poskamling untuk  mengadakan lomba poskamling se-Tangsel.

“Banyak keluhan juga yang disampaikan tadi dari ajang tersebut. Kami tetap menghimpun pesan dan saran dari mereka dan akan kami sampaikan juga kepada pihak yang bersangkutan yakni Pemkot,” sambung dia.

Dalam kegiatan tersebut juga, Kasat Binmas Polres Tangsel AKP Tatang AS berharap, ke depan poskamling berjalan secara aktif dan masif di seluruh wilayah Tangsel, sehingga polisi juga dapat bekerja efektif dan kejahatan dapat terminimalisir.

Diketahui, dalam kesempatan itu hadir juga Ketua RT, RW dan tokoh masyarakat serta Binmas tingkat kelurahan. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here