Home Berita Ombudsman Nilai Sosialisasi Perekaman KTP-El di Karawaci tak Optimal

Ombudsman Nilai Sosialisasi Perekaman KTP-El di Karawaci tak Optimal

0

Usai Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang tadi, Ombudsman Republik Indonesia (RI) langsung tinjau proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Setelah menemukan sejumlah persoalan di kantor Disdukcapil, Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekti telah menemukan banyak warga masih membawa surat pengantar dari RT ataupun RW untuk melakukan perekaman KTP-El di Kecamatan Karawaci.

“Ya, tadi saya temukan warga yang masih bawa surat pengantar. Padahal, cukup membawa Kartu Keluarga (KK) saja sudah bisa melakukan perekaman,” jelas Lely.

Menerima aduan dari warga yang belum menerima KTP-El setelah perekaman. Kata Lely, hal tersebut terjadi atas terkendalanya blangko KTP-El. “Kecamatan menerima e-KTP yang sudah jadi itu terakhir awal Juli, memang cukup lama, terkendala blangko,” terangnya.

Dari temuan tersebut, Lely menyimpulkan, bahwa sosialisasi kebijakan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang percepatan perekaman KTP-El, hanya bawa KK saja sudah bisa merekam. Sosialisasi ke masyarakat masih belum dilakukan dengan optimal.

“Kurang sosialisasi, masyarakat malah ada yang tidak tahu kalau birokrasi sudah dipangkas. Nanti kita berikan masukan ke Mendagri,” pungkas Lely. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here