Home Agenda Tagana Kabupaten Tangerang Gencar Penyuluhan dan Simulasi Siaga Bencana

Tagana Kabupaten Tangerang Gencar Penyuluhan dan Simulasi Siaga Bencana

0

Musim hujan yang terjadi pada akhir-akhir ini membuat Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tangerang terus melakukan penyuluhan kesiapsiagaan bencana sejak Dini. Pada kali ini Tagana Kabupaten Tangerang menargetkan sosialisasi dan kaderisasi untuk pelajar di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana jelang siklus tahunan, Tagana Kabupaten Tangerang memberikan pelatihan simulasi posko Pengungsian, Posko Dapur Umum, dan Operasional Mobil Dapur Umum. Kaderisasi relawan Tagana melalui kegiatan peningkatan kapasisitas masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana dan kesiapsiagaan bencana sejak dini kepada unsur masyarakat dan pelajar di Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi Perdana yang digelar di SMK PGRI Cikupa, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang akan berlanjut ke beberapa sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Ditargetkan para pelajar yang diutamakan menjadi peserta dan diberikan beberapa pengarahan dan diberikan bekal ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah bencana alam yang terjadi di wilayah.

Koordinator Ketua Tagana Kabupaten Tangerang Ending Aryadi mengatakan, sosialisasi ini diutamakan kepada pelajar karena menanamkan jiwa siap siaga sejak dini. Seperti hal kecil yang bisa di contohkan seperti membuang sampah pada tempatnya karena bilamana membuang sampah sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan bencana banjir.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Tangerang dan Polres Kota (Polresta) Tangerang untuk memberikan pembekalan ilmu tentang mencegah bencana alam sejak dini hingga dewasa dan terjun di masyarakat, kami pun ingin para pelajar bisa menjadi contoh dan bisa menerapkan di lingkungannya masing-masing,” tegas Ending.

Sementara itu, Awaludin Siswa SMK PGRI Cikupa menambahkan, sangat senang sekali dengan adanya pembekalan ilmu siap siaga yang diberikan oleh para narasumber dan menjadi contoh agar nanti bisa menjadi masyarakat yang baik dan bisa di contoh oleh yang lainnya.

“Banyak hal dan ilmu baru yang saya dapat dari kegiatan ini, terutama dalam kegiatan ini menanamkan kepada saya akan lebih mencintai lingkungan atau alam disekitar,” pungkasnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here