Home Berita Kampanye Aman Berlalu Lintas, MMS Gandeng Komunitas Roda Empat

Kampanye Aman Berlalu Lintas, MMS Gandeng Komunitas Roda Empat

0

PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku badan usaha jalan Tol Tangerang-Merak kembali mensosialisasikan program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu-lintas” (IAABL) yang diluncurkan Astra sejak 2014 lalu. Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas tersebut kali ini digelar pada hari Sabtu (8/10/2016) di Main Atrium Tangerang City Mall Tangerang, Cikokol, dengan menggandeng 100 pengguna jalan tol yang tergabung dalam berbagai komunitas roda empat di wilayah Banten.

Kegiatan itu bertujuan tidak hanya untuk mensosialisasikan cara berkendara yang aman dan pemahaman akan rambu-rambu lalu lintas namun juga mengajak komunitas kendaraan roda empat untuk berkomitmen taat berkendara dan mewujudkan Indonesia yang aman dan tertib berlalu lintas.

Dikemas dalam talkshow dan dialog interaktif ini, kegiatan menghadirkan narasumber dari Asuransi Astra untuk memaparkan materi defensive driving, dan materi mengemudi dengan sehat yang disampaikan oleh RS Bethsaida Tangerang serta tidak ketinggalan pemaparan materi mengenai pengetahuan mesin kendaraan dari Toyota Auto 2000.

“Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial MMS sebagai salah satu bagian dari grup Astra terhadap keselamatan berkendara, MMS juga berkomitmen untuk mendukung programKorlantas POLRI Menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor 1 yaitu dalam bentuk program kampanye keselamatan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas,” jelas Rury Purwantoko, Kepala Departemen Environment, Social and Responsibility MMS.

enjelang mudik lebaran di bulan Juni lalu, MMS telah melaksanakan Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Didorong rasa kepedulian MMS terhadap pentingnya keselamatan, acara tersebut kembali dihelat mengingat faktor dominan kecelakaan di jalan tol adalah dari pengemudi itu sendiri.

“Berkendara di jalan tol itu cukup beresiko karena kendaraan cenderung berkecepatan tinggi dan pengendara rawan lelah serta mengantuk, sehingga memerlukan kesiapan, baik pengemudi maupun kendaraannya harus dalam kondisi prima. Untuk itu, melalui Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas, kami menghimbau pengguna jalan untuk mengetahui dan mematuhi rambu lalu lintas serta memanfaatkan fasilitas tempat istirahat yang telah disediakan,” ujar Rury.

Pada kampanye keselamatan berlalu-lintas ini MMS menggandeng komunitas roda empat yang terdiri dari Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) chapter SEPARACI Banten, Indonesia Starlet Club (ISC) Tangerang, Corolla Twincam Owners Club (CTOC) dan Timor-er wilayah Banten untuk bersama-sama berkomitmen dalam mentaati rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. “Kami mengharapkan para komunitas roda empat terutama yang hadir pada kesempatan ini dapat menjadi duta jalan Tol Tangerang-Merak dan sebagai panutan dalam berkendara bagi pengguna jalan lainnya,” tutur Rury melalui keterangan tertulis diterima Tangerangonline.id.

Dengan merangkul komunitas roda empat dan melakukan kegiatan interaktif lainnya dengan pengguna jalan, MMS mengharapkan kesadaran tertib berkendara bukan hanya sekedar dijalankan namun sebagai kebutuhan. Di kesempatan itu juga, Direktur Teknik dan Operasi, Sunarto Sastrowiyoto menyematkan pin IAABL kepada perwakilan komunitas yang hadir sebagai apresiasi MMS kepada pengguna jalan yang sudah tertib dan aman berkendara.

Selain itu, sejak tahun 2010, MMS telah membina kerjasama dengan Metropolitan Expressway Company Limited (Shutoko) – MEX, pengelola jalan tol di wilayah Tokyo, Jepang yang telah memperkenalkan Program Smart Driver yang merupakan program berkesinambungan dan adopsi dari Tokyo Smart Driver, program keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan tol. Hasil dari kerjasama ini, MMS telah mengimplementasikan beberapa program baik dalam hal peningkatan kualitas jalan maupun operasional jalan tol.

Mendukung komitmen ini, MMS juga senantiasa meningkatkan berbagai pelayanan. Tersedia layanan pendukung bagi pengguna jalan tol antara lain, 6 unit ambulance, 2 unit rescue truck, 5 Unit kendaraan Patroli, 10 Truck Derek, 2 kendaraan manlift, 10 Variable Message Sign (VMS), 37 unit closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di ruas jalan, 1.666 unit Penerangan Jalan Umum, 65 Lampu Peringatan. Tempat Istirahat tersedia di KM 68 dan KM 43 arah Merak dan KM 68 dan KM 45 arah Jakarta.

Dengan diadakannya Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak, serta mengoptimalkan pemanfaatan Tempat Istirahat yang tersedia sehingga dapat bersinergi mewujudkan jalan Tol Tangerang-Merak yang lancar, aman dan nyaman. (Kor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here