Home Berita SMAN 6 Kota Tangerang Masuk Nominasi Sekolah Sehat Provinsi Banten

SMAN 6 Kota Tangerang Masuk Nominasi Sekolah Sehat Provinsi Banten

0
SHARE

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kota Tangerang masuk dalam nominasi menjadi sekolah sehat tingkat Provinsi Banten. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang melakukan peninjauan terhadap sekolah tersebut pada Selasa (18/10/2016) kemarin.

“Kita lakukan pembinaan agar SMAN 6 bisa menjadi sekolah sehat tingkat provinsi,” ucap Sekretaris Dinkes Kota Tangerang dr. Henny Herlina kepadatangerangonline.id, Rabu (19/10/2016).

Menurut Henny, pembinaan yang dilakukan Dinas Kesehatan meliputi lingkungan sekolah yang sehat, adanya fasilitas, kebersihan, dan lain-lain.

“Kita sosialisasikan kriteria sekolah sehat, lalu kita berikan saran kepada sekolah,” tambahnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 6 Kota Tangerang Herawati mengatakan, dirinya merasa terhormat mendapatkan kepercayaan untuk mendapatkan predikat sekolah sehat tingkat Provinsi Banten.

“Tentu sangat senang dan merasa terhormat menjadi wakil untuk mengharumkan Kota Tangerang,” katanya.

Sejak menjabat sebagai kepala sekolah, kata Herawati, dirinya selalu membudayakan warga sekolah untuk menjaga kebersihan dan melestarikan budaya hidup sehat.

“Fasilitas juga kita bangun, seperti 1 wastafel di setiap blok, taman, air mancur, dan kantin,” terangnya.

Namun, ia mengungkapkan salah satu kriteria yang paling sulit adalah merubah budaya warga sekolah agar memperhatikan kebersihan dan membiasakan hidup sehat.

“Kita sosialisasikan setiap hari. Kita tempel tulisan untuk mengingatkan anak untuk selalu menjaga budaya sehat, seperti cuci tangan sebelum memegang makanan, tidak makan di dalam kelas, selalu membawa bekal dari rumah, mengurangi sampah plastik, membuang sampah pada tempatnya,” imbuhnya.

Sosialisasi tersebut, terbukti dapat merubah sedikit demi sedikit kebiasaan warga sekolah untuk berbudaya sehat. “Alhamdulillah usaha-usaha itu bisa mengubah sedikit demi sedikit. Seluruh warga sekolah, sudah timbul kesadaran untuk selalu berbudaya sehat,” tutupnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here