Home Agenda Anggota DPD RI Subadri Giat Sosialisasi Empat Pilar

Anggota DPD RI Subadri Giat Sosialisasi Empat Pilar

0

Para pemuda, fungsionaris Karang Taruna, KNPI, OKP, Aparat Pemerintah, Mahasiswa dan lain-lain, menjadi sasaran sosialisasi empat pilar oleh anggota DPD RI Provinsi Banten H. Ahmad Subadri di Aula Kantor Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, kemarin.

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan para peserta dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) tahun 1945 sebagai Konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Menurut pria yang akrab disapa H. Badri ini, Pancasila merupakan falsafah yang berasal dari nilai-nilai luhur dan tumbuh serta berkembang dalam masyarakat. Para pendiri bangsa telah berhasil merumuskan Pancasila dan menjadikan sebagai dasar negara.

“Di dalam Pancasila termasuk prinsip-prinsip Ketuhanan yang Maha Esa dan menjadi landasan utama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian dalam pengamalan sila pertama ini mengandung makna kewajiban untuk menjalankan agama dengan sebaik-baiknya, dan mengembangkan toleransi antar umat beragama,” terang Badri kepada tangerangonlie.id.

Ia menjelaskan, Pancasila dijabarkan dalam ketentuan UUD 1945 sebagai hukum dasar tertulis. Sebagai warga negara yang baik, masyarakat diminta untuk mengamalkan isi dari kelima Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, khususnya terkait dengan masalah kehidupan sehari-hari itu sangat penting. Terlebih saat suasana bangsa saat ini sedang menghadapi ujian dengan terjadinya aksi masyarakat dalam membela agama beberapa waktu lalu,” ujar Badri.

Badri mengajak kepada semua lapisan masyarakat, khususnya para pemuda, aparat pemerintah dan tokoh masyarakat agar berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Sehingga diharapkan akan selalu tercipta situasi yang saling asih, asuh dan asah di tengah masyarakat. (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here