Home Berita AirNav: Lalu Lintas Pesawat di Bandara Soetta Bisa Ditingkatkan 86 Pergerakan per...

AirNav: Lalu Lintas Pesawat di Bandara Soetta Bisa Ditingkatkan 86 Pergerakan per Jam

0

Lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) semakin padat. Sepanjang tahun 2016, Airnav Indonesia selaku pelayanan navigasi udara mencatat lalu lintas penerbangan di Bandara tersebut rata-rata 29.633 pergerakan (movement) per-bulan atau sebanyak 72 pergerakan per jam.

Direktur Operasional AirNav Indonesia Wisnu Darjono mengatakan, jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soetta masih dapat ditingkatkan menjadi 86 pergerakan per-jam.

“Saat ini sebanyak 72 pergerakan pesawat yang landing maupun takeoff, dan ini tentunya dapat ditingkatkan menjadi 86 pergerakan perjamnya,” kata Wisnu dalam acara Media Gathering AirNav di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/12/2016) malam.

Menurut Wisnu, peningkatan jumlah pergerakan di Bandara Soetta dari 72 menjadi 86 movement dapat tercapai apabila sarana dan prasarana mendukung, salah satunya ketika east cross taxiway (ECT) selesai dibangun.

“Saat ini Angkasa Pura II tengah menyelesaikan pembangunan east croos taxiway, dan apabila sudah jadi maka Bandara Soekarno-Hatta dapat melayani movement sebanyak 86 pesawat per jam,” ujar Wisnu.

Ia menjelaskan, berhasilnya suatu penerbangan apabila Airline (maskapai), Airport (bandara), AirNav (navigasi penerbangan) dan Autority (regulator) dapat bersinergi dan bekerja sama yang baik.

“Keberhasilan penerbangan dapat berhasil apabila empat ‘A’ dapat bersinergi, yakni Airline, Airport, AirNav dan Authority,” pungkasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here