Home Berita Komisi II DPR RI Sidak Bea Cukai Bandara Soetta Terkait KTP RI...

Komisi II DPR RI Sidak Bea Cukai Bandara Soetta Terkait KTP RI Asal Kamboja

0

Informasi terkait paket kiriman berisi KTP palsu yang diamankan petugas di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) beberapa hari yang lalu menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat.

Hal itu membuat jajaran Komisi II DPR RI menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Bea Cukai Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (9/2/2017).

Jajaran Komisi II tersebut tiba di Gedung A Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno Hatta sekira pukul 11.20 WIB. Rombongan yang berjumlah 10 orang itu dalam rangka mengklarifikasi dugaan KTP palsu.

“Kan kita menerima kabar bahwa ditemukan KTP sekian ribu di Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian banyak juga kita pandang ini meresahkan dan bukan sekedar itu,” kata anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS, Sutriyono kepada tangerangonline.id, Kamis (9/2/2017) siang.

Menurut Sutriyono, paket kiriman berisi KTP dan lainnya ini, selain konteks pilkada juga rawan untuk disalahgunakan. Ia menegaskan perlu penegakan aturan terkait dengan undang-undang kewarganegaraan.

“KTP ini kan dokumen kewarganegaraan juga. Jadi kami kesana (Bea Cukai Bandara Soetta) fokus terkait dengan tupoksi Komisi II itu. Kami datang ke Bandara Soekarno-Hatta,” jelas wakil rakyat yang terpilih dari Dapil Jawa Tengah 3 ini.

Ia menjelaskan, saat tiba di Bandara pihaknya disambut dengan segenap jajaran Bea Cukai Bandara Soetta. Ada sekitar 7 orang yang menyambut pejabat-pejabatnya, namun tidak satu pun yang berani menjelaskan terkait KTP yang diduga palsu tersebut.

“Kami tanya barangnya ada atau tidak, tapi gak berani menjelaskan. Ada dimana juga tidak ada yang berani menjelaskan. Intinya mereka tidak berani bicara dengan alasan sudah diambil kewenangannya oleh ditjen (Direktorat Jendral Bea Cukai),” tukasnya.

Tidak mendapat jawaban yang memuaskan, rombongan wakil rakyat itu berencana membahas hal tersebut kembali di tingkat yang lebih tinggi. Selanjutnya sekira pukul 12.00WIB, anggota DPR RI tersebut meninggalkan Kantor Bea dan Cukai Bandara Soetta menuju Kantor Ditjen Bea dan Cukai, Jakarta. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here