Home Berita HMI Persoalkan Unpam Larang Cadar

HMI Persoalkan Unpam Larang Cadar

0
SHARE

Aturan adab pakaian mahasiswa yang dikeluarkan oleh Rektor Universitas Pamulang (Unpam) melalui SK. Rektor Nomor: 338/A/U/Unpam/V/2017, disoal Mahasiswa Islam Komisariat Pamulang (HMI Komipam).

Disampaikan Ketua HMI Komipam, Aditya Bayu Wardana, bahwa aturan konterversi Unpam yang melarang mahasiswi bercadar dan rambut gondrong terlalu jauh dengan pandangan negatif terhadap anak kampus untuk dikaitkan dengan moral dalam proses belajar mengajar, lantaran pihak Unpam hanya ingin mahasiswanya terlihat rapi.

“Menurut saya pandangan subjektif ini sama sekali tidak salah selama hanya sebagai nasehat ngak harus dibikin baku atau kaku, namun menjadi salah jika memaksakannya menjadi aturan dengan menggunakan kekuasaan sebagai dosen, ketua program studi, dekan, rektor unpam,” katanya.

Adit mengatakan, sebuah aturan dalam sekolah ataupun universitas tidak menjamin terbentuknya kualitas baik dari mahasiswa atapun pelajarnya, lantaran banyaknya peraturan tentunya akan ada banyak pelanggaran, hal ini akan terjadi lantaran adanya titik jenuh dari seseorang terkait adanya larangan.

“Dan menurut saya aturan itu tidak menjamin kualitas didik untuk mahasiswa, karena sesungguhnya tolak ukur kualitas dan moralitas mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademik bukanlah dilihat dari penampilan fisiknya tapi kepintaran dan akhlak nya,” tukasnya.(Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here