Home Berita Kasus Kekerasan Anak di Tangsel Meningkat

Kasus Kekerasan Anak di Tangsel Meningkat

0

Jumlah kasus kekerasan terhadap anak di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalani peningkatan.

“Sebelumnya kasus yang ditangani sekitar 86 kasus namun pada data saat ini menurut rapat koordinasi kemarin sekitar 130-an kasus, itu sudah mencakup keseluruhan, baik pelecehan anak, penganiayaan dan perempuan,” ungkap Khariati, Plt. kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) di Resto Telaga Seafood, Serpong, Kamis (12/10/2017).

Namun demikian, jelas Khairiati, meningkatnya jumlah kasus tersebut bukan naik lantaran volume kasusnya bertambah banyak, tetapi dikarenakan sistem jejaring pihaknya di lapangan sudah bagus.

Masyarakat mulai memberikan informasi dan melaporkan kasus kekerasan di lingkungannya. “Jadi mereka sekarang sudah banyak yang berani lapor, karena kita sering sosialisasi  kepada masyarakat,” kata Hairati.

Alasan klasik terjadinya kasus  kekerasan terhadap anak yakni  lemahnya dalam pola asuh keluarga  terhadap anak, kurangnya kepedulian terhadap anak, sehingga tidak terdeteksi dari awal dan yang terakhir adalah faktor ekonomi.

“Sebenarnya yang melakukan kekerasan hal itu kebanyakan orang di sekitar lingkungan tersebut, biasanya dari tetangganya sendiri karena kurang kepedulian, lemahnya dalam pola asuh keluarga terhadap anak,” terangnya.(Ban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here