Home Berita Relokasi SMPN 1 Kosambi Disoal

Relokasi SMPN 1 Kosambi Disoal

0

SMPN 1 Kosambi di Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, akan direlokasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Relokasi tersebut disoal sejumlah elemen masyarakat, seperti disampaikan Wakil Ketua Forum Komite Sekolah Kabupaten Tangerang (FKKS) Budi Usman.

“Kawasan pabrik padatlah yang harus diberi sanksi oleh Pemkab Tangerang untuk  direlokasi keluar dari kawasan tersebut, karena telah melanggar UU Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Perda Tata Ruang Nomor 13 Tahun 2011, yang mana Pemkab Tangerang diduga telah gagal pertahankan sekolah sebagai zona pendidikan dan konservasi hijau,” paparnya kepada tangerangonline.id, Rabu (6/12/2017).

Aktivis Pantai Utara (Pantura) Tangerang ini menjelaskan tak hanya dugaan pelanggaran Perda Nomor 13 Tahun 2011, kebijakan relokasi tersebut pun nantinya akan terbentur dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997  Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pasalnya, di kawasan sekitar sekolah marak berdiri pergudangan dan pabrik, yang menghasilkan polusi.

“SMP N 1 Kosambi ini berdiri lebih awal dari tahun 1985, dari pada bangunan pabrik dan pergudangan tersebut yang baru dibangun pada tahun 2000an,” jelasnya.

Upaya relokasi SMP N 1 Kosambi, sambung Budi Usman, merupakan alternatif sesaat yang dilakukan oleh Pemkab Tangerang dalam mencari solusi pasca meledaknya pabrik mercon pada beberapa bulan lalu.

“Saatnya kita untuk melakukan evaluasi dan moratorim perizinan pabrik dan pergudangan di Kabupaten Tangerang, khususnya di pesisir utara Tangerang. Bukan merevisi Perda Tata Ruang yang harus menjadi kebutuhan kita saat ini, melainkan mengevaluasi pelanggaran dan berikan law enforcement buat koorporatif dan regulator yang berkeadilan di wilayah kita ini,” pungkasnya. (Sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here