Home Berita Tim Garuda Polresta Bandara Soetta Ringkus Penyelundup Benih Lobster

Tim Garuda Polresta Bandara Soetta Ringkus Penyelundup Benih Lobster

0

Tim Garuda Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan pelaku penyundupan 990 benih lobster yang ditinggal di Terminal 2 Bandara Soetta pada 2 Mei lalu. Ialah, IS (47) pria asal Karimun, Kepulauan Riau.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kapolres Bandara Soetta AKBP Victor Togi Tambunan. Ia menyebutkan, dari hasil pemeriksaan CCTV, IS merupakan pelaku penyelundupan yang sengaja meninggalkan koper berisi benih lobster di Terminal 2.

“Dari hasil penyelidikan, tim kami berhasil meringkus tersangka di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada Sabtu, 19 Mei,” ungkap AKBP Togi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (25/5/2018).

Kepada Polisi, IS mengakui bahwa barang benih lonster itu ia bawa dari Ujung Pandang. Ia juga mengaku dirinya hanya bertugas sebagai kurir.

“Dari keterangan tersangka, kami dapatkan informasi dan ada dua orang DPO kami dalam kasus ini, berinisial A dan K,” kata Togi.

Atas perbuatannya, Polisi menjerat IS dengan pasal 88 junto pasal 16 ayat 1 pasal 92, junto pasal 26 ayat 1 UU nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan, sebagaimana diubah uu RI nomor 45 tahun 2009. dengan ancaman penjara maksimal delapan tahun.

Diberitakan sebelumnya, Penyelundupan benih Lobster kembali terjadi melalui transportasi udara. Terbaru, sebuah koper berisi benih lobster ditemukan di Terminal 2 Bandara Soetta, Rabu (2/5) lalu.

Informasi yang dihimpun, koper yang berisi ratusan benih lobster tersebut adalah bagasi tercatat dari penumpang pesawat Batik Air rute Kendari – Ujung Pandang – Bandara Soetta.

Dengan kata lain, koper tersebut lolos dari pemeriksaan petugas Bandara sebelumnya, hingga tiba dan diamankan oleh petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta.(Rmt)