Home Berita 1.848 Lembar Surat Suara Rusak Dimusnahkan

1.848 Lembar Surat Suara Rusak Dimusnahkan

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang memusnahkan ribuan surat suara rusak pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018. Pemusnahan dilakukan di halaman kantor KPU Kota Tangerang, Jumat (22/06/2018).

Pemusnahan tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam masa pencoblosan, supaya tidak adanya penyelewengan terhadap surat suara.

Dari 1.056.597 lembar surat suara, sebanyak 1.848 lembar surat suara dimusnahkan, dan disaksikan secara langsung oleh TNI-Polri, Panwaslu Kota Tangerang dan Kesbangpol Kota Tangerang.

Nurhalim, Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Keuangan, Umum dan Logistik mengatakan, pemusnahan surat suara rusak, seperti terkena noda tinta, bergaris dua, robek dan bergambar buram.

“Alhamdulillah, pada tanggal 1 sampai dengan 6 Juni 2018 telah dilaksanakan pensortiran dan pelipatan, kemudian pendistribusian kepada seluruh PPK akan kita lakukan Minggu 24 Juni mendatang,” terang Nurhalim.

Nurhalim melanjutkan, cara pemusnahan surat suara dilakukan dengan cara dicacah, sedangkan dari 1.848 lembar terselip dua lembar dari luar daerah Kota Tangerang.

“Ada dari daerah Nganjuk, Jawa Timur, pemusnahannya juga tidak dibakar melainkan dicacah mengunakan mesin,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, dari hasil lipat dan sortir diperoleh sebanyak 1.049.065 surat suara terlipat baik dan 3.684 lembar kurang kirim.

“Untuk memenuhi DPT +2,5 persen sebanyak 1.054.597, KPU Kota Tangerang meminta kepada pencetak sebanyak 5.532 lembar, untuk menganti 1.848 surat rusak ditambah 3.684 surat suara kurang kirim,” ungkapnya.

Sementara Agus muslim, Ketua Panwaslu Kota Tangerang mengatakan, pemusnaan surat suara rusak adalah bentuk pertangungjawaban KPU Kota Tangerang, terhadap masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang 2018.

“Ini agar tidak ada penyelewengan dan penyalahgunaan surat suara oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” tandas Agus Muslim. (Amd)