Home Berita Gempa 6,4 SR Guncang NTB, Banyak Korban Meninggal

Gempa 6,4 SR Guncang NTB, Banyak Korban Meninggal

0

Gempabumi dengan kekuatan Mag 6.4 skala richter (SR) mengguncang Lombok Timur dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di 28 km Barat Laut NTB pukul 05:47:39 WIB, Minggu (30/7/2018).

Meski BMKG menyebut tidak berpotensi Tsunami, gempa ini mengakibatkan kerusakan hingga korban jiwa meninggal dunia dan luka-luka.

“Gempa susulan terus terjadi dengan guncangan yang keras, data korban sementara belum sempat saya hitung karena sedang dilakukan perawatan seadanya di pinggir jalan oleh petugas puskesmas pembantu desa Sambik Elen Bayan oleh karena korban dan masyarakat bercampur dan ramai,” tulis seorang petugas BPBD, Suhardi saat melaporkan di lokasi gempa, Sambik Elen Bayan, Lombok Timur.

Diungkapkan Suhardi, di tempat ini sedikitnya 5 rumah hancur dan 1 orang meninggal dunia.

Kondisi memprihatinkan juga dialami Lombok Utara. “Laporan sementara, di pusko Senaru ada beberapa korban luka, fraktur dirawat. Di pusko Bayan ada 1 korban meninggal,” imbuh Kadinkes Lombok Utara, Khaerul.

Dalam perkembangan termutakhirnya seperti disampaikan melalui keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo mengungkapkan, di Lombok Timur terdapat 8 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

“Di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan,” terangnya.

Dikatakan Sutopo, TNI-Polri bersama Basarnas, BPBD, PMI dan relawan bahu membahu menanggulangi dampak bencana yang diperkirakan masih bertambah. (Kor)