Home Bandara Menteri BUMN dan Menhub Tinjau Bandara Soetta Menyambut Asian Games

Menteri BUMN dan Menhub Tinjau Bandara Soetta Menyambut Asian Games

0

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, meninjau kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dalam menyambut Asian Games 2018 pada Sabtu (11/8).

Pantauan di lokasi, kedua menteri tersebut menyambut penggguna jasa terlebih dahulu penumpang di Terminal 1 Bandara Soetta.

Ketua Satgas Asian Games Bandara Soetta, Agus Haryadi, memastikan kesiapan empat Bandara dibawah PT Angkasa Pura II siap dalam menyambut Asian Games 2018. Keempat Bandara tersebut yakni, Bandara SM Badaruddin II Palembang, Bandara Soetta, Bandara Hussein Sastranegara Bandung dan Bandara Halim PK.

“Dari sisi infrastruktur sudah siap, baik yang di Palembang dan Soekarno-Hatta terutama maskapai Garuda Indonesia untuk melayani tamu delegasi baik ke Palembang dan Soekarno-Hatta,” jelas Agus di Posko Utama Asian Games, Terminal 1 Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Agus mengatakan, persiapan penyambutan atlet serta official Asian games itu sudah dilakukan PT Angkasa pura II sejak H-10 atau sejak 8 Agustus 2018 lalu.

Dirinya memperkirakan, akan terjadi penumpukan kedatangan delegasi kontingen pada H-3 upacara pembukaan Asian Games yakni pada 18 Agustus 2018.

“Kami perlu sampaikan Bapak Ibu Menteri, bagaimana untuk mengatur flow yang akan melonjak di H-3 sejak tanggal 15, 16, dan 17 Agustus. Karena akan terjadi penumpukan penumpang,” kata Agus.

Selain itu, area parking stand pesawat di Bandara Soettajuga menjadi perhatian pihak Angkasa Pura II. Sebab, area parkir pesawat yang tersedia saat ini sudah penuh oleh penerbangan reguler yang ada pada setiap harinya.

“Saat ini tersedia 146 parking stand pesawat yang tersedia setiap hrinya. Sehari-hari biasanya penuh. Namun Kita ada lima cadangan parking stand di Bandara Soetta, namun kalau sampai nanti memerlukan tambahan, maka akan kita lakukan di Kertajati,” tutur Agus.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno
mengapresiasi upaya PT Angkasa Pura II dalam melayani para tamu kontingen Asian games 2018.

“Alhamdulilah lancar, yang harus kita jaga adalah puncak kedatangan di 15,16,17 tapi saya yakin ini akan lancar. Kita doakan dan mendorong para atlet kita untuk berkompetisi dengan baik untuk hasil yang baik,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura ini meminta jajaran Bandara harus bisa memberikan performa baik dalam menyambut kontingen-kontingen Asian Games.

Ia menilai Bandara Soetta sudah laik dan siap melayani kontingen Asian Games 2018.

“Saya minta Bandara-Bandara yang melayani delegasi dan Official Asian games ini bekerja dengan baik dalam memberikan servicenya. Sudah baik persiapannya sendiri di Bandara Soetta,” pungkas Budi. (Rmt)