Home Berita Disbudpar Buat Kompos di Setiap Taman

Disbudpar Buat Kompos di Setiap Taman

0

Volume sampah yang semakin hari semakin bertambah membuat Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan (Disbudpar) menerapkan pembuatan kompos di setiap taman yang ada di Kota Tangerang.

Pembuatan kompos di tiap taman yang ada di Kota Tangerang tersebut, diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dihasilkan oleh taman dengan ditanam untuk selanjutnya dijadikan kompos.

“Disetiap taman minimal 10 lubang ukuran 1 meter persegi untuk pembuatan kompos,”kata Tihar Sopian, Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Disbudpar Kota Tangerang, Selasa (14/08/2018).

Tihar mengatakan, kompos yang nantinya telah dihasilkan tersebut, rencananya akan digunakan untuk menyuburkan tanaman disekitar taman. Sehingga pemanfaatan sampah disekitar taman, dapat lebih bermanfaat dan tepat sasaran.

“Kompos yang nanti kita hasilkan jumlahnya setara dengan 25 truk sampah, sehingga jumlah volume sampah yang dihasilkan oleh taman dapat diminimalisir dengan baik,” katanya.

Tihar menuturkan, secara teknis sampah taman yang berupa dedaunan atau yang lebih dikenal dengan sampah organik nantinya akan ditimbun dan dilakukan pengawasan disetiap harinya.

“Diolah setiap hari oleh petugas kami dan dilakukan pengawasan oleh maulidiyanti selaku Korlap dan akan dipanen setiap tiga bulan sekali,” jelasnya.

Dengan membuat pengolahan kompos tersebut, lanjut Tihar, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung khususnya anak – anak usia sekolah.

“Sekaligus menyediakan Wahana edukasi baru bagi pengunjung taman karna pengolahan kompos ini kami lakukan secara terbuka dan dapat dilihat semua orang,” imbuhnya.

Tihar menambahkan, pihaknya akan terus berinovasi agar kota tangerang dapat lebih indah melalui penataan di setiap taman yang ada di kota Tangerang.

“Inovasi ini akan terus dikembangkan utk mengurangi timbulan sampah di TPA dan memanfaatkan sampah disumber, dengan harapan kota tangerang dapat lebih layak untuk dikunjungi,” pungkasnya. (Amd)