Home Berita 198 Rumah tak Layak Huni Segera Dibedah Pemkot Tangsel Tahun Ini

198 Rumah tak Layak Huni Segera Dibedah Pemkot Tangsel Tahun Ini

0

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) melakukan bedah rumah warga sebanyak 198 unit yang tidak layak huni pada tahun ini. Verifikasi telah dilakukan dan anggaran masing-masing atau per rumah maksimal Rp 71 juta.

Demikian terungkap dalam sosialisasi program perbaikan rumah tidak layak huni (Bedah Rumah) kepada masyarakat Kecamatan Setu dan Pamulang di Ruangan Aula Kantor Kecamatan Pamulang, Senin (22/4/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Plt. Kepala Disperkimta Tangsel Teddy Meiyadi, Kepala Bidang Perumahan pada Disperkimta Kota Tangsel Carsono, Tim Pengaman Pengawal Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Tangsel, Camat Pamulang Deden Juardi, para Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) kelurahan se-Kecamatan Setu dan Pamulang serta masyarakat yang mendapat bantuan RUTLH.

Dalam kesempatan itu, Teddy Meiyadi mengatakan, dalam sosialisasi ini pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang mendapat bantuan maupun kepada para Ketua BKM yang akan membantu pemerintah dalam pelaksanaan program bedah rumah ini.

“Sehingga masyarakat mengetahui persis mulai dari anggarannya, spesifikasinya seperti apa, regulasinya seperti apa dan tadi juga dihadirlan dari hukumnya, TP4D Kejari kan, agar program ini berjalan sesuai dengan aturan,” jelasnya saat diwawancarai usai kegiatan.

Teddy menyampaikan, program bedah rumah ini merupakan suatu bentuk apresiasi dari Walikota Tangsel kepada masyarakatnya, dimana program yang sangat merakyat dan baik ini juga salah satu target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pak Camat dan warga semuanya yang telah bahu-membahu mendukung program ini, memang belum bisa seratus persen, tapi tahun ini insaallah paling tidak target RPJMD itu selesai, kalau misalkan ada usulan baru, insaallah kalau di usulankan tahun ini tahun depan dikerjakan,”

Kabid Perumahan Disperkimta Carsono mengatakan, pada anggaran APBD tahun 2019 ini pihaknya akan membedah 198 rumah tidak layak huni yang sudah di SK kan oleh Walikota Tangsel dan sudah melalui verifikasi data dengan rincian satu rumah maksimal menghabiskan 71 juta.

Untuk pengerjaannya akan dimulai dari minggu depan dan akan ditargetkan sebelum lebaran Idul Fitri rumah sudah bisa ditempati bagi warga penerima bantuan yang dibagun ditahap pertama dan untuk tahap kedua ditargetkan akan selesai seminggu sebelum bulan Oktober mendatang.

“Kecamatan Serpong rumah yang akan dibedah ada 32 rumah, Kecamatan Pamulang 15 rumah, Kecamatan Ciputat 54 rumah, Kecamatan Ciputat Timur 6 rumah, Kecamatan Setu 20 rumah, Kecamatan Pondok Aren 52 rumah dan Kecamatan Serpong Utara 19 rumah,” paparnya.

Sementara Camat Pamulang, Deden Juardi mengucapkan syukur atas bantuan dan perhatian penuh pemerintah Kota Tangsel kepada warganya dengan memberikan program bantuan bedah rumah.

“Mudah mudahan bantuan dan perhatian pemerintah ini bermanfaat untuk keluarga kita dan membuat tempat tinggal kita nyaman,” ujarnya.

Senada dengan Ketua BKM Kelurahan Pamulang Barat Jainudin berharap mudah-mudahan agar pelaksanaan bedah rumah dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai dengan selesai sesuai yang di janjikan pemerintah.

“Saya mewakili masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany selaku pemangku kepentingan, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat bagi yang menerima bantuan tentunya ini menjadi harapan masyarakat dan kedepannya agar membantu lebih banyak lagi kedepannya,” harapnya.(Ban)