Home Berita Jadi Kecamatan Layak Anak, Begini Kata Sekcam Pakuhaji

Jadi Kecamatan Layak Anak, Begini Kata Sekcam Pakuhaji

0

Untuk mempercepat terwujudnya Kecamatan Layak Anak, Kecamatan Pakuhaji mengembangkan salah satu indikatornya yaitu pembangunan dan pengembangan Taman Bermain Ramah Anak (RBRA) di setiap desa dan kelurahan.

“Bermain memiliki manfaat sangat penting bagi anak, di antaranya adalah sebagai terapi, mengembangkan kemampuan komunikasi dan bahasa, kesadaran diri, kreatifitas, moral dan etika, dan karakter anak,” terang Yandri Permana, Sekcam Pakuhaji, Kamis (12/9/2019).

Yandri menambahkan masih banyak tantangan yang harus dihadapi, yaitu kurangnya kesadaran pentingnya hak bermain dan rekreasi, tidak amannya lingkungan fisik dan sosial. keterbatasan akses anak terhadap ruang bermain, kurangnya investasi budaya kepada anak, dan berkembangnya media elektronik sehingga mengurangi waktu anak bermain di luar.

“Pihak Kecamatan akan mendorong inovasi ditiap desa dan kelurahan untuk membangun taman bermain ramah anak (TBRA), dengan program 3 TBRA setiap tahun dibangun disetiap desa dan kelurahan,” jelasnya.

Yandri mengungkapkan, taman bermain ramah anak harus berdampingan dengan perpustakaan, mengapa demikian, pasalnya ada pusat bermain dan ada pusat pendidikan.

“Maka kita akan melihat karakter anak yang berkreativitas, pola pikir cerdas dan tentunya semua ini perlu pengawasan dan bimbingan dari lingkungan,” ucapnya.

Diakuinya, memang masih banyak lagi hal- hal yang harus di siapkan tapi yang terpenting itu harus ada komitmen semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut. (Sam)