Home Berita Resmikan Skadik 304, Kasau Harap Personel Teknik Umum Miliki Kemampuan Revitalisasi

Resmikan Skadik 304, Kasau Harap Personel Teknik Umum Miliki Kemampuan Revitalisasi

0

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, meresmikan Skadron Pendidikan (Skadik) 304 Wing Pendidikan Teknik (Wingdiktek) di lapangan apel Satuan Pemeliharaan Pangkalan (Satharlan) Disfaskonau Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Kasau mengatakan, peran dan tugas personel teknik umum di TNI Angkatan Udara tidak hanya terbatas pada instalasi, pembangunan, pemeliharaan, dan manajemen aset. Kasau berharap agar personel teknik umum memiliki kemampuan revitalisasi secara cepat terhadap sarana dan prasarana pendukung operasi TNI AU.

“Tujuannya ketika terjadi bencana alam, kontijensi, atau dalam situasi pertempuran yang mengakibatkan runway, taxyway, apron, dan fasilitas penerbangan lainnya mengalami kerusakan akibat serangan, bisa segera melakukan pemulihan (recovery) secara cepat, sehingga operasi tetap dapat berjalan,” ujar Kasau.

Lebih lanjut dikatakan, kemampuan seperti ini telah dilatihkan oleh Satharlan melalui simulasi perbaikan runway pada latihan Angkasa Yudha 2019, Juli lalu.

Selain meresmikan Skadik 304, Kasau juga meresmikan beberapa fasilitas dan sarana prasarana diantaranya, Mako Skadik 304, Mako Satharlan, masjid Al-Ikhlas, dan prasasti Jatayu 22.

Kasau juga meninjau fasilitas yang telah selesai dibangun dan direnovasi seperti shelter pemeliharaan alat berat, heritage room, asphalt mixing plant, dan laboratorium konstruksi.

“Fasilitas dan sarana prasarana ini memiliki manfaat ganda, selain berguna untuk mendukung tugas Satharlan juga dapat dimanfaatkan sebagai alat instruksi dan alat penolong instruksi (Alin Alongins) yang akan membantu proses belajar mengajar di Skadik 304,” pungkas Kasau.

Seiring diresmikannya Skadik 304 ini, dilantik pula Letkol Sus Junjunan Amirudin, sebagai Komandan Skadik (Danskadik) 304 yang pertama.

Kasau menekankan, personel Skadik 304 agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, bangun sinergi dengan pihak terkait, dan siapkan segala administrasi serta kebutuhan lain yang diperlukan.

“Jadikan tugas dan pengabdian ini sebagai sebuah kehormatan dan bentuk kepercayaan yang diberikan pimpinan. Yakinlah sekecil apapun peran yang dijalankan akan memberi pengaruh besar bagi kemajuan dan kejayaan TNI Angkatan Udara,” tegas Kasau.

Tampak hadir pada acara tersebut, para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, Dankodiklatau, para Kadis jajaran Mabesau, para pejabat Kodiklatau dan Wingdiktek, serta para mantan Kadisfaskonau. (MRZ)