Home Berita Ramai-ramai Nyerok Ikan Cere di Cisadane

Ramai-ramai Nyerok Ikan Cere di Cisadane

0

Hujan kemarin malam membawa berkah tersendiri bagi warga Babakan, Kota Tangerang. Sungai Cisadane yang sebelumnya mengering, pada pagi ini aliran airnya deras atau debitnya cukup meningkat. Bahkan sejumlah titik endapan tanah di sempadan sungai tertutup air.

Alhasil, ikan-ikan Cere yang biasanya di tengah aliran Cisadane menepi. Fenomena inilah yang dimanfaatkan warga Babakan dan Kalipasir, Kota Tangerang atau perkampungan di sepanjang Cisadane untuk menyerok ikan-ikan tersebut.

Menyerok ikan yaitu menggunakan sebilah bambu yang ujungnya dipasang jaring berbentuk bulat.

Warga ramai-ramai menyerok ikan sejak subuh hingga pukul 10.00 WIB masih berlangsung. Ada di antaranya, layaknya panen ikan lantaran mampu mendapat ikan Cere sampai 2 ember besar.

Hendra, warga RT 01 RW 02 Kampung Babakan, Kecamatan Tangerang mengaku sengaja datang menyerok ikan di Sungai Cisadane dikarenakan sudah menjadi kebiasaan warga setempat pasca wilayah Bogor hujan. “Kemarau lama, Kali kering. Ini sudah hujan semalem, Cisadane pasti deres airnya. Pagi ini warga langsung nyerokin ikan yang pada kepinggir,” tuturnya.

Tampak ibu-ibu dan anak turut melihat aktivitas kaum prianya menyerok ikan. Namun semakin siang, jumlah warga berkurang untuk melanjutkan kegiatan lain. (ris)