Home Bandara Dua Pesawat Garuda Nyaris Adu Banteng, Otoritas Bandara Soetta Lakukan Investigasi

Dua Pesawat Garuda Nyaris Adu Banteng, Otoritas Bandara Soetta Lakukan Investigasi

0

Jajaran Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta tengah melakukan investigasi terhadap dugaan kelalaian Pilot in Command (PIC) pesawat Garuda Indonesia dengan nomor registrasi PK-GMH.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Otban Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta, Herson. Ia menyebut, semestinya pihak maskapai yang terlebih dahulu bertindak.

“Biasanya dari Garuda sendiri yang lebih awal mengambil tindakan. Kalau dari pemerintah harus melalui mekanisme,” kata Herson kepada tangerangonline.id, Jumat (13/12/2019).

Herson menuturkan, investigasi dilakukan hingga Senin, 16 Desember 2019. Hasilnya akan diumumkan sehari kemudian atau Selasa, 17 Desember 2019.

“Tunggu hasil investigasi para inspektur yang turun ke lapangan,” ujarnya.

Lebih lanjut Herson mengatakan, pihaknya akan mengundang seluruh pihak terkait untuk berkumpul di Kantor Otban Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta.

“Iya betul (investigasi) sampai Senin. Selasa diundang semua kumpul di otban,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, PIC pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 tersebut diduga salah memahami arahan dari petugas Air Traffic Control (ATC).

Sehingga posisi pesawat yang baru saja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta itu langsung berhadap-hadapan dengan pesawat Garuda Indonesia PK-GRR dengan nomor penerbangan GA246 di taxiway yang sama. Sedangkan GA246 hendak menuju landas pacu (Runway) untuk take off. (Rmt)