Home Berita Hari Pers Nasional Ke-74, Ini Harapan DPD KNPI Tangkab

Hari Pers Nasional Ke-74, Ini Harapan DPD KNPI Tangkab

0

Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Tangerang Kabupaten (Tangkab) berharap agar Pers semakin jaya, profesional dan independen dalam melaksanakan tugas. Hal ini disampaikannya seiring peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-74.

“DPD KNPI Kabupaten Tangerang bagian dari unsur masyarakat pemuda dan juga mitra pemerintah menaruh harapan yang besar agar wartawan di Kabupaten Tangerang semakin maju dan profesional sebagai pilar demokrasi,” kata Ketua DPD KNPI Tangkab, Adang Abek Akhbarudin, Kamis (6/2/2020).

Pers harus mampu berkontribusi lewat berita yang dapat memberikan sebuah informasi yang lebih mendidik, berpengetahuan, serta mencerdaskan.

Di era Modernisasi dan digitalisasi, sebuah berita di Media Sosial sangatlah cepat. Di era tersebut Insan Pers perlu profesional dalam menayangkan berita dengan mencerdaskan bangsa, informasi yang bisa menambah pengetahuan, pendidikan serta mencerahkan pembaca.

“Jadi dalam menyajikan berita harus berimbang, dan pengetahuan yang mendidik bagi pembaca,” harapnya.

Abek mengatakan, pekerjaan Pers sangat mulia jika dilakukan dengan Profesional sesuai aturan dan kode etik Pers. Karena Tugas Pers pada dasarnya mulia dalam memberikan dan mensajikan sebuah berita.

“Penulis harus lebih cerdas dalam menentukan sebuah berita sebelum disajikan kepada publik, penulis perlu mencari kebenaran sesungguhnya mana informasi yang benar dan mana informasi yang tidak benar, serta Insan pers harus mampu mengolah bahasa disetiap berita, agar publik mendapatkan pencerahan disetiap berita yang bisa memberikan pendidikan dan pengetahuan yang bertambah,” ucapnya.

KNPI juga turut mendukung terwujudnya kebebasan pers dan tegaknya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers. Menurutnya, momentum peringatan hari pers nasional harus mampu menjadi titik awal dalam mengobarkan semangat menjadi lebih baik saat ini dan di masa mendatang.

“Sebagai salah satu pilar demokrasi, KNPI bersama masyarakat sangat berharap pers yang sehat dapat terwujud sebagaimana harapan dan cita-cita kita semua. KNPI juga berharap agar wartawan Kabupaten Tangerang bisa melangkah bersama dalam mewujudkan Tangerang Yang lebih Gemilang,” pungkasnya. (Sam)