Home Index Inaugural Flight Malaysia Airlines Kuala Lumpur – Kertajati

Inaugural Flight Malaysia Airlines Kuala Lumpur – Kertajati

0

Inaugural Flight Malaysia Airlines Kuala Lumpur – Kertajat

Malaysia Airlines (MH) melakukan penerbangan perdana dengan rute KUL – KJT – KUL hari ini, Kamis (13/2/2020).

Dengan demikian, hal ini menempatkan Malaysia Airlines sebagai maskapai internasional pertama berjadwal dan satu-satunya saat ini yang melayani langsung dari Kuala Lumpur ke Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Maskapai nasional kebanggaan negeri jiran tersebut mendarat mulus pada pukul 19.45 WIB di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dengan membawa 71 penumpang.

Pesawat jenis Boeing 737-800 ini akan kembali ke Kuala Lumpur dengan mengangkut 171 penumpang, sebagian besar adalah jamaah umrah.

Maskapai ini nantinya akan terbang reguler sebanyak 2 kali dalam sepekan yaitu setiap Senin dan Kamis.

Agung Wibowo, Station Manager Malaysia Airlines mengatakan, hari ini merupakan bagian tonggak sejarah penting Malaysia Airlines dalam mengembangkan pasar potensial.

“Kami sangat bangga memperkenalkan rute baru internasional yang dilayani pergi pulang serta menempatkan Malaysia Airlines sebagai maskapai internasional pertama berjadwal dan satu-satunya saat ini yang melayani langsung dari Kuala Lumpur ke Kertajati,” ujar Wibowo, Kamis (13/2/2020).

Adapun peresmian inagurasi di Terminal Keberangkatan Internasional BIJB dilaksanakan dengan cara pengalungan bunga penumpang dan pemotongan kue oleh perwakilan dari Kemenhub RI, Pemprov Jabar, manajemen Malaysia Airlines, BIJB, Pemkab Majalengka, Imigrasi & Bea Cukai Cirebon serta JAS Airport Services (JAS) selaku agen ground handling dari Malaysia Airlines.

Dalam kesempatan ini, Herman Prayitno selaku Presiden Komisaris JAS mengatakan beroperasinya Bandara Kertajati tentu harus didukung dengan banyak mendaratnya pesawa.

“Kami berupaya untuk berkomunikasi intens dengan maskapai pelanggan, dan alhamdullilah Malaysia Airlines telah melakukan penerbangan perdana,” tutur Herman.

Dirinha juga menyakini Bandara Kertajati yang memiliki potensi pasar besar akan terus berkembang sehingga seiring berjalan waktu penerbangan di Bandara ini akan semakin ramai.

“Apalagi jika konektivitas seperti Tol Cisumdawu dan Kereta Api bisa segera terhubung,” harapnya.

Sedangkan M. Singgih, Direktur Keuangan BIJB dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada pihak Malaysia Airlines atas dibukanya penerbangan reguler  internasional rute Kuala Lumpur – Kertajati.

“Diharapkan ke depannya frekwensi penerbangan bisa ditambah,” imbuhnya.

Diketahui, JAS Airport Services sendiri telah melayani ground handling dan cargo handling Malaysia Airlines di 5 bandara intenasional yaitu Soekarno Hatta, Ngurah Rai, Juanda, Kualanamu dan yang terbaru BIJB.

Sepanjang tahun 2019, JAS melayani 1,580,000 penumpang dan 12,700,000 ton kargo Malaysia Airlines. (Rmt)