Home Berita Gerakan Tanam Pohon Sukun Serentak di Lanud Jajaran Koopsau I Warnai Hari...

Gerakan Tanam Pohon Sukun Serentak di Lanud Jajaran Koopsau I Warnai Hari Bakti Ke-73 TNI AU

0

Pangkoopsau I Marsda TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso, MM.,M.Tr(Han) pada Rabu (29/7/2020) memimpin peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU di Makoopsau I, Jakarta.

Peringatan dilakukan dengan melaksanakan upacara militer dengan dengan menerapkan “Sosial Distancing” . Usai upacara dilanjutkan dengan penanaman pohon Sukun secara serentak diseluruh Lanud di jajaran Koopsau I.

“Sebanyak 2.020 pohon ditanam di Koopsau I dan Lanud jajaran. Adapun penanaman pohon Sukun di Makoopsau I sebanyak 560 pohon. Koopsau I yang membawahi 20 lanud Indonesia bagian barat telah menanam sebanyak 1.460 pohon, yang masing masing Lanud mendapat 73 pohon sukun,” terang Pangkoopsau I Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso.

Pangkooposau I didampingi para pejabat Koopsau secara simbolis menanam pohon Sukun di sekitar Mess Antarikshe I Makoopsau I.

“Penanaman pohon Sukun sejumlah 2.020 merupakan symbol tahun dimana saya dipercaya menjabat Pangkoopsau I, sedangkan tiap Lanud di jajaran Koopsau I menanam 73 pohon yang melambangkan tahun pelaksanaan Hari Bakti Ke-73 TNI AU,” ujar Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso.

Menurutnya, dipilihnya pohon Sukun karena pohon ini merupakan tanaman asli Indonesia dan bisa dianggap sebagai pengganti beras, karena mengandung karbohidrat, selain itu juga daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Penanaman Pohon Sukun yang dilaksanakan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Bakti ini juga ditujukan sebagai pendukung program ketahanan pangan, karena pohon sukun sebagai pengganti bahan makanan pokok yang diperkiranan akan menghasilkan buah sukun setelah pohon berumur 3 tahun

Mengakhiri kegiatan tanam pohon Sukun, Pangkoopsau I menyitir sebuah pepatah bahwa barang siapa yang mencintai penduduk bumi, maka dia akan dicintai penduduk langit.

Penanam pohon Sukun, kata dia, sebagai sedekah bumi karena akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia.

Turut hadir pada kegiatan tanam pohon serentak, Kaskoopsau I Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, Ir Koopsau I, seluruh Asisten Kaskoopsau I, Sahli Koopsau I dan perwakilan anggota Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Koopsau I.(MRZ)