Home Berita Jalani Latihan Wajib Kematraan, 113 Taruna AAU Tingkat II Lulus Susparadasar

Jalani Latihan Wajib Kematraan, 113 Taruna AAU Tingkat II Lulus Susparadasar

0

Sebanyak 113 siswa taruna-taruni Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tingkat II dinyatakan lulus dalam Pendidikan Kursus Para Dasar (Susparadasar) Angkatan 188 setelah menjalani latihan wajib kematraan di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Sabtu (12/9/2020).

Kursus para dasar angkatan 188 ini diikuti oleh 113 siswa AAU, terdiri dari 104 taruna dan 9 taruni sebelumnya para siswa telah melaksanakan penerjunan sebanyak 7 kali diantaranya 6 kali terjun pada siang hari dan 1 kali terjun pada malam hari selama satu bulan penuh.

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, mengatakan, Susparadasar memiliki arti yang sangat penting bagi para siswa, karena sasaran dan latihan para dasar salah satunya adalah mewujudkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam menerapkan prosedur terjun statik.

“Hal ini bukan semata-mata sebagai pencapaian kemampuan para dasar saja bagi para siswa, akan tetapi lebih dari itu yakni salah satunya adalah untuk membentuk sikap mental dan disiplin militer yang lebih baik lagi”, ucap Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah.

Selain itu, Dankodiklatau secara khusus mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kesiapan terselenggaranya Susparadas Angkatan ke-188, tidak lepas dari kesiapan Komandan Lanud Sulaiman, Komandan Skadik 204, para instruktur dan pembina.

“Oleh karena itu saya harapan ke depan kegiatan serupa dapat terlaksana dengan lebih baik lagi, yang tentu harus dengan tahapan perencanaan yang baik, agar output pendidikan dapat dipertanggung jawabkan secara profesional,” ujar Dankodiklatau.

Sebelum upacara penutupan, para siswa melakukan penerjunan terakhir dengan dropping zone runway Lanud Sulaiman dan dilanjutkan dengan penyematan brivet para dasar oleh para pejabat, pengasuh dan instruktur kepada para siswa taruna AAU.

Para dasar terjun payung merupakan latihan kematraan yang wajib diikuti oleh Taruna AAU Tingkat II, bertujuan untuk memperkuat karakter air crew serta memberikan pengalaman tentang teknik terjun statik sekaligus menanamkan semangat cinta dirgantara dan kebanggaan sebagai calon perwira TNI AU.

Acara Wingday Susparadas Angkatan ke-188 dihadiri undangan secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan mengingat situasi dalam masa pandemi Covid-19.

Hadir pada kesempatan tersebut Dirum Kodiklatau, Kalambangja Kodiklatau, Dirdik AAU beserta tim AAU, para kepala dinas di jajaran Lanud Sulaiman dan para komandan skadik.(MRZ)