Beranda Berita Pangkoopsau I dan Wagub DKI Jakarta Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

Pangkoopsau I dan Wagub DKI Jakarta Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

0

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Ir. Tri Budi S., M.M., M.Tr (Han) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Reza Patria bersama anggota Makoopsau I menanam pohon dan melakukan penebaran benih ikan di Kolam Makoopsau I, Selasa (24/11/2020) di Jakarta.

Acara penanaman pohon diawali dengan senam bersama di Lapangan Makoopsau I dan dihadiri pula oleh Kaskoopsau I, Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Prov. DKI Ir. Suharini Eliawati, Kepala Bidang Pertanian DKPKP Mujiati, Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat, para Pejabat Koopsau I dan seluruh anggota Makoopsau I.

Jenis Pohon yang di tanam pada lahan seluas 20 Hektar di sekitar Makoopsau I merupakan tanaman khas di DKI Jakarta dengan jumlah 455 pohon dari berbagai jenis, antara lain Alpukat, Jambu biji, Durian, Jeruk Lemon, Rambutan, Pisang Cavendis, Pisang Raja Sereh dan pohon nangka yang masing-masing berjumlah 50 pohon.

Sedangkan pohon matoa sebanyak 55 pohon yang merupakan sumbangan dari Pangkoopsau I, mengingat hari ini bertepatan dengan bertambahnya usia Panglima Koopsau I yang sudah menginjak 55 tahun. Adapun ikan yang ditabur ke kolam yang berada di depan Mako Koopsau I seluas 800 m2 sebanyak 13.000 ekor ikan dengan jenis ikan Nila Merah dan Nila Hitam.

Pangkoopsau I dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Gubernur dan Kadis KPKP Prop DKI Jakarta atas kehadirannya dan partisipasinya berupa pemberian bantuan tanaman yang produktif dan bibit ikan, dengan harapan semoga kegiatan yang dilaksanakan hari ini akan bermanfaat sekaligus memberikan motivasi bagi masyarakat dalam mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Panglima juga mengingatkan bahwa tanggal 28 November merupakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN) melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, sehingga tepat kiranya.

“Kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan kali ini dilaksanakan guna mendukung program Pemerintah dalam ketahanan pangan dan melestarikan alam demi kepentingan anak cucu kita dimasa datang, ” ujar Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Ir. Tri Budi S.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Prop. DKI Jakarta, Ahmad Reza Patria, mengatakan, bahwa dengan dilaksanakan penanaman pohon ini adalah dalam rangka melindungi yang produktif dan berbuah, ditanam dalam ruang atau lahan hijau di lingkungan Makoopsau I.

“Semoga kegiatan ini meningkatkan rasa kecintaan kita kepada lingkungan yang asri dan hijau, serta udara yang sehat di wilayah kota Jakarta,” kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Reza Patria.

Penanaman pohon Matoa secara simbolis ditanam oleh Pangkoopsau I, sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta menanam pohon Rambutan dan dilanjutkan dengan penebaran benih ikan di Kolam Makoopsau I.

Usai kegiatan penanaman pohon bersama, acara dilanjutkan dengan peresmian Saung Inspirasi di Makoopsau I oleh Panglima. Saung Inspirasi ini diharapkan sebagai tempat lahirnya inspirasi sekaligus tempat silaturahmi Komforpinda.(MRZ)