Home Berita Pemkot Tangsel dan Kemenkominfo MoU 10 ribu Beasiswa Digital Talen Scholarship

Pemkot Tangsel dan Kemenkominfo MoU 10 ribu Beasiswa Digital Talen Scholarship

0

Pemerintah Kota Tangerang Selatan lakukan penandatanganan MoU bersama Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo mengenai program kerja sama beasiswa pelatihan 10.000 talenta digital scholarship, bertempat di Rumah Dinas, Selasa, (21/12).

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menjelaskan bahwa ini merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan masyarakat. Tentunya ini sangat membantu Pemerintah Daerah, untuk memberikan keahlian terhadap masyarakat.

“Saat ini ada banyak masyarakat yang terdampak Covid-19. Diberhentikan dari pekerjaannya dan tidak memiliki kemampuan khusus,” ujarnya yang menambahkan bahwa beasiswa ini akan memberikan mereka kemampuan khusus untuk memperbaiki keadaan ekonomi.

Dia menambahkan bahwa program ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Sekiranya masyarakat yang memang ingin memanfaatkan fasilitas ini akan diberikan fasilitas dan dimudahkan.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan, program digital di tahun 2021 sukses melampaui jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 100 ribu.

“Dalam kegiatan Appreciation Day kita memberikan apresiasi kepada para mitra kita, karena target 100 ribu itu sekarang sudah tercapai 109 ribu para peserta pelatihan talenta digital. Dan Tangsel merupakan salah satu daerah yang mendapatkan kuota sebanyak 10.000,” ujarnya.

Pelatihan ini sendiri diharapkan dapat menjangkau seluruh segmen masyarakat agar dapat mengambil bagian sebagai talenta digital sehingga dapat menumbuhkan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia di era digital.

“Jadi kita melakukan pelatihan terus kemudian kita melakukan sertifikasi kepada para peserta pelatihan agar mereka bisa masuk ke industi, yaitu industri digital secara global dan industri digital nasional. Program pelatihan untuk mewujudkan masyarakat digital adalah salah satu dari arahan Bapak Presiden tentang akselerasi transformasi digital,” ujar Hary Budiarto.

Menurut Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo, program ini menggandeng mitra kerja baik dari kalangan akademisi, swasta, platform digital, hingga perusahaan global ternama.

“Pelatihan itu bisa berlangsung dengan baik sesuai target dengan dukungan mitra kerja sama, bahkan melampaui target di tahun 2021,” tutupnya.(ris)