Home Berita Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Wasir

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Wasir

0

Ketika Anda merasa sakit di bagian anus karena terlalu sering buang air besar dalam bentuk yang keras, Anda mungkin mengalami penyakit wasir. Penyakit ini terjadi karena adanya pelebaran dari pembuluh darah pada area tersebut. Pembuluh darah kemudian akan menipis dan teriritasi, sehingga Anda merasakan sakit.

Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Wasir disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu BAB yang keras dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran dan menyebabkan rasa sakit dan perih. Hal ini bisa saja mengganggu aktivitas Anda sehari-hari seperti duduk dan berjalan. Ciri-ciri penyakit wasir yaitu pada saat BAB, feses Anda akan keluar bersama dengan darah.

Jika Anda memiliki beberapa ciri gejala penyakit ini, Anda dapat melakukan tanya dokter untuk mendapatkan konsultasi dan pengobatan yang tepat. Selain berobat ke dokter, Anda juga dapat mengatasi penyakit wasir dari rumah dan menjaga pola hidup.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi penyakit wasir, simak artikel berikut ini!
Pengertian Wasir

Wasir atau lebih sering disebut dengan ambeien, dalam istilah medis disebut dengan hemoroid. Wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus dan bagian akhir usus besar (rektum) mengalami pelebaran atau pembengkakan.

Kondisi ini paling umum terjadi pada orang-orang dengan usia 50 tahun keatas. Kondisi ini dapat disebabkan karena terlalu sering mengejan dan dalam waktu yang lama saat buang air besar. Wasir atau ambeien biasanya tidak mengganggu atau menimbulkan keluhan. Namun apabila kondisi semakin memburuk akan menimbulkan keluhan berupa rasa tidak nyaman, gatal, iritasi dan pendarahan dari anus.

Umumnya, wasir dibagi menjadi dua, yaitu:

● Wasir dalam (Internal Hemorrhoid), adalah penyakit wasir yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di bagian dalam saluran rektum dan tidak dapat dilihat dari bagian luar dubur, umumnya tidak menyebabkan nyeri namun dapat menyebabkan feses disertai darah.
● Wasir luar (External Hemorrhoid), adalah penyakit wasir yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di bagian sekitar anus dan akan tampak bengkak berwarna kemerahan ataupun ungu, akan terasa tidak nyaman seperti perih dan sakit yang dapat disertai darah.
Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri dalam beberapa waktu, kondisi ini bisa saja mengganggu Anda dalam kegiatan sehari-hari seperti duduk dan berjalan.
Gejala Penyakit Wasir

Gejala wasir mudah dikenali. Wasir biasanya ditandai dengan adanya benjolan di bagian anus. Namun ada gejala lain yang biasanya dirasakan, seperti feses yang disertai dengan darah saat sedang BAB atau BAB berwarna hitam, rasa gatal, perih atau sakit disekitar anus.

Gejala-gejala yang ada ini bisa saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Mulai dari duduk dan berjalan akan terasa sakit dan perih di bagian pantat atau kaki. Maka, ada baiknya untuk segera mengobati wasir agar tidak semakin parah.
Penyebab Penyakit Wasir

Penyebab dari wasir sendiri belum diketahui pasti. Namun faktor utama yang disinyalir yakni adanya peningkatan tekanan pada aliran pembuluh darah di sekitar dubur. Tekanan pada area tersebut kemudian menyebabkan adanya pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di bagian anus sehingga menyebabkan wasir.

Aktivitas seperti terlalu lama duduk atau jongkok di toilet, mengejan saat BAB, dan mengangkat benda berat kemungkinan dapat memicu wasir. Adapun faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan wasir adalah sebagai berikut:

● Usia
● Sembelit berulang (konstipasi kronis)
● Sering menahan BAB
● Sering mengedan saat buang air besar
● Kehamilan
● Tekanan dalam perut yang meningkat (misalnya karena adanya tumor)
● Kurang mencukupi kebutuhan serat dan cairan harian
● Obesitas
● Mengalami penyakit batuk kronik (dalam jangka waktu lama)
Diagnosis Penyakit Wasir

Untuk mendiagnosis pasien mengalami wasir maka dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes dimulai dari wawancara. Dokter akan menanyakan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.

Detail pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan area anus untuk memastikan penyebab keluhan adalah wasir. Biasanya dilakukan pemeriksaan colok dubur atau digital rectal examination (DRE) guna mengetahui kondisi rektum apakah ada benjolan atau kelainan lainnya.

Pemeriksaan penunjang bisa saja dilakukan apabila hasil pemeriksaan fisik belum memuaskan. Misalnya karena wasir berada di dalam, maupun untuk mencari kemungkinan lain penyebab perdarahan dari anus (salah satu pertanda kanker usus besar).

Pemeriksaan penunjang tersebut diantaranya anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus, untuk melihat gambaran dalam area usus besar bagian bawah secara jelas dan mendetail.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Wasir

Untuk mengobati wasir, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau datang ke dokter jika gejala yang dirasa sudah sangat parah dan mengganggu. Pengobatan wasir dapat dilakukan dengan :

● Menggunakan krim, salep ataupun obat suppositoria untuk wasir
● Mengonsumsi obat pelancar BAB
● Mengonsumsi makanan kaya serat
● Menjalani operasi pengangkatan wasir atau disebut hemoroidektomi
Untuk menghindari dan mencegah terjadinya wasir, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat, banyak minum air putih, dan rutin berolahraga. Selain itu, hindari kebiasaan yang dapat memicu wasir, seperti duduk terlalu lama, menunda BAB, atau mengejan berlebihan.

Itulah beberapa informasi terkait penyebab, gejala, cara mengobati, dan cara mengatasi wasir. Meskipun tidak termasuk penyakit parah dan bisa sembuh sendiri, gejala wasir bisa saja mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Ingat untuk selalu menjaga kesehatan Anda dimanapun Anda berada.