Home Berita Kinerja Hebat Polres Pandeglang Wujudkan Polisi Yang Presisi

Kinerja Hebat Polres Pandeglang Wujudkan Polisi Yang Presisi

0

Kepolisian adalah bertugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, bukan hanya penegakan supremasi hukum, malainkan juga melayani dan menjaga kondisi yang aman dan kondusif.

Untuk itu Polres Pandeglang bekerja profesional dalam penegakan supremasi hukum, Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Memberikan perlindungan, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik dan humanis, melalui berbagai kegiatan sosial dan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dengan lika liku kinerja Polres Pandeglang guna mewujudkan polisi yang presisi tersebut.

Semenjak pademi covid-19 melanda negeri ini, dengan jumlah personil seluruhnya 845 orang. Polres Pandeglang berjibaku dengan staekholeder yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menekan angka covid dengan terus memberikan sosialisasi dan pemahaman pada masyarakat di 326 desa 13 kelurahan yang tersebar di 35 kecamatan atau 24 Polsek 11 Pospol dengan luas wilayah 2.746,89 km2 dan 428 jiwa/km2.

Selain memberikan pelayanan dan mengayomi masyarakat, berada diposisi terdepan adalah penegak supremasi hukum dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat berada di posisi terdepan dilakukan jajaran Polres Pandeglang dibawah komando AKBP Belny Warlansyah selaku kapolres melalui koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang baik konstruktif dengan semua elemen masyarakat.

Program yang kerap disuarakan melalui polri yang presisi oleh Polres Pandeglang yaitu dengan visinya membangun koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan semua komponen, terlebih dimasa pademi Covid-19.

“Kami dari pihak kepolisian khususnya Polres Pandeglang menggandeng Muspika di tiap kecamatan melalui bhabinkamtibmas untuk mewujudkan Kampung Tangguh. Dimana kampung tersebut menjadi pedoman dalam menghadapi pandemi Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang mantap sehingga warga sadar dan tahu cara pencegahan penularan Covid-19 yaitu dengan 5M,” terang Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah,S.IK,SH,MH.

Selain itu, Kata Kapolres disediakan juga ruangan atau tempat untuk isolasi mandiri untuk warga yang terkena Covid-19 yang dipantau oleh pihak kesehatan dan juga ilmu ketahanan pangan yang didukung oleh Bhabinkamtibmas dari segala kegiatan seperti bertani, beternak hingga membuat kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual untuk membantu memenuhi kebutuhan di kampung tangguh tersebut.

“Selain itu kami dari Polres Pandeglang juga membuka gerai vaksin gratis di Klinik Polres Pandeglang untuk masyarakat. Kami juga beberapa kali menggencarkan program vaksinasi tersebut dengan membuka gerai vaksinasi massal di beberapa tempat untuk mempercepat proses vaksinasi covid-19 di Kabupaten Pandeglang,” katanya.

“Yang terakhir, kami juga membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi dengan memberikan bantuan berupa sembako, program ini di bantu oleh bhabinkamtibmas di wilayah sehingga bantuan tersebut langsung tepat sasaran sampai ke penerima,” sambungnya lagi.

Disisi lain Polres Pandeglang dalam melaksanakan kinerja penegakan supremasi hukum dengan responsibilitas dan transparansi berkeadilan yang menyertai pendekatan pemolisian prediktif ditekankan agar anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat, tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggungjawab, serta berkeadilan sesuai dengan Konsep Presisi yang menjadi Jargon Kapolri Listiyo Sigit Prabowo.

“Kami berupaya dan bersinergi dengan Forkopimda Kabupaten Pandeglang sebagai institusi Polri yang menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional di daerah,” tandasnya.

Kehebatan Kinerja Polres Pandeglang

Seperti apa kehebatan kinerja Polres Pandeglang dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya untuk mewujudkan polri yang presisi tersebut.

“Tentu kami sebagai Polri berharap semua komponen masyarakat khususnya para pemimpin ditingkat paling bawah jangan mencari masalah, tetapi menjadi bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada. Jadilah pemimpin pemersatu, tidak mengkotak-kotakan, dan jangan cari perbedaan tetapi carilah persamaan. Salam sehat, salam solidalitas, dan sukses selalu untuk kita semua,” pesan Kapolres Belny dalam berbagai acara di wilayah hukumnya.

Dan kunci dari hebatnya kinerja Polres Pandeglang yang dilakukan adalah melalui Koordinasi, Komunikasi dan Kolaborasi dalam berbagai hal

“Tentunya dengan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang baik kita lakukan dalam setiap langkah polri dengan semua komponen yang ada di wilayah hukum Polres Pandeglang sehingga bisa berjalan dengan baik sesuai jargon Bapak Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo polisi yang presisi. Melalui transformasi Polri Presisi ini diuraikan lebih lanjut dalam dimensi program, kegiatan dan aksi masing-masing polres di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi terhadap kinerja kepolisian dalam menanggulangi berbagai persoalan yang ada di masyarakat dan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Pandeglang, terutama upaya penanggulangan bencana alam maupun non alam, penanggulangan kelompok kriminal, serta dukungan kepada pemerintah daerah dalam mempercepat penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Kami atas nama pemerintah daerah cukup bangga dan apresiasi terhadap kinerja TNI dan Polri khususnya kepolisian Polres Pandeglang yang berjibaku dalam melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 termasuk pemulihan ekonomi pasca pandemi,” kata Bupati Irna, seraya menambahkan selama ini hubungan dan komunikasi dengan jajaran Forkopimda tetap dibangun dengan baik.

Ditulis oleh Deni Setiadi
Wartawan Tangerangonline.id