Beranda Berita Cara Daftar dan Jualan di Blibli

Cara Daftar dan Jualan di Blibli

0

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas manusia bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan modern. Salah satu contohnya adalah transaksi jual beli, dimana aktivitas tersebut bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Dengan adanya transaksi online ini, maka terciptalah peluang bisnis baru, yakni jualan online.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berjualan online. Yang pertama adalah toko bisa buka selama 24 jam. Dengan anda memiliki toko online, artinya anda sudah memiliki toko yang buka selama 24 jam nonstop. Berbeda dengan toko offline, yang baru buka jam 8 pagi serta tutup paling lama jam 10 malam. Namun dengan toko online ini, selama masih terkoneksi dengan jaringan internet, anda bisa menerima serta mengirim semua orderan yang masuk kapanpun dan dimanapun anda berada.

Selanjutnya, adalah biaya lapak yang lebih murah. Jika anda akan buka toko offline tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar untuk menyewanya. Namun jika anda menggunakan sistem toko online, tentunya akan lebih hemat lagi, karena anda hanya membutuhkan budget sekitar 300 ribu rupiah/tahun untuk sea hosting dan domain. Selain itu anda juga bisa bergabung dengan marketplace secara gratis. Namun jika anda ingin memiliki suatu bisnis online yang besar serta terpercaya, maka sebaiknya anda secara perlahan membuat situs sendiri.

Untuk jualan online, anda bisa melakukannya di marketplace ternama yang sudah terkenal seperti Blibli. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara berjualan online di Blibli.

Cara Berjualan Online di Blibli
Berikut ini cara daftar online shop di Blibli:

1. Mempersiapkan Informasi Seller

Yang pertama, siapkan semua informasi seller yang meliputi nama, email aktif, password, nomor ponsel, dan nama toko yang akan anda daftarkan.

2. Memasukkan nomor ponsel

Lalu masukkan nomor ponsel, apakah itu nomor pribadi atau perusahaan. Untuk seller perorangan, gunakan nomor ponsel pribadi. Sedangkan untuk seller perusahaan, gunakan nomor ponsel penanggung jawab.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan nomor ponsel aktif dan sesuai. Agar anda dapat memperoleh kode verifikasi pendaftaran.

3. Melengkapi informasi penjualan

Jika sudah terdaftar, anda bisa melengkapi informasi penjualan. Dalam hal ini, ada tiga informasi yang harus dilengkapi. Yang pertama adalah lengkapi informasi tentang toko atau gudang. Yang kedua, informasi pembayaran dan legal. Yang ketiga, upload produk yang ingin anda jual.

4. Mempersiapkan dokumen

Untuk menjadi seler, anda juga harus mempersiapkan dokumen serta berkas-berkas. Anda siapkan dokumen berupa nomor rekening valid. Lalu, untuk seller perorangan, siapkan KTP dan NPWP. Untuk seller perusahaan, siapkan KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Pendirin + SK Menkeh, Akta Perubahan, SIPU, TDP dan Surat Domisili.

5. Jika seller perorangan belum memiliki NPWP

Hal ini tidak menjadi masalah. Ketika upload dokumen legal, anda dapat mengisi kolom NPWP dengan nomor dan foto KTP anda, untuk sementara.

Cara Daftar Jadi Seller Blibli
Berikut langkah-langkah daftar menjadi seller Blibli:

1. Buka halaman seller.blibli.com/register.
2. Lalu akan langsung muncul kolom informasi yang harus anda isi.
3. Anda akan diminta mengisi informasi negara tempat tinggal, nama, email, kata sandi, nomor telepon, nama toko, dan masukkan kode referral jika ada.
4. Jika sudah mengisi lengkap semua informasi, centang “Saya menyetujui Syarat & Ketentuan”.
5. Klik Daftar.
Setelah mendaftar jadi seller di blibli.com Anda tinggal langsung saja menjual produk Anda. Dengan membuka peluang di berbagai platform menjadikan barang dagangan Anda laku.