Beranda Bandara AirAsia Buka Rute Majalengka-Kuala Lumpur, Penerbangan di Bandara Kertajati Makin Ramai

AirAsia Buka Rute Majalengka-Kuala Lumpur, Penerbangan di Bandara Kertajati Makin Ramai

0

Penerbangan di Bandara Kertajati (Majalengka, Jawa Barat) pada tahun ini semakin bergairah. Pada 18 Mei 2023 lalu, AirAsia membuka penerbangan langsung (direct flight) dari Bandara Kertajati menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur ini dioperasikan secara reguler oleh AirAsia setiap Rabu dan Minggu menggunakan pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320.

Sebelumnya, Bandara Kertajati telah melayani penerbangan internasional lainnya menuju Arab Saudi yang dioperasikan Lion Air dan Garuda Indonesia untuk mengantar para jemaah umrah.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder di Bandara Kertajati berkomitmen untuk mengakomodir permintaan penerbangan yang semakin tumbuh pada tahun ini.

“AP II selaku operator Bandara Kertajati memastikan kesiapan personel serta seluruh fasilitas untuk mendukung semakin meningkatnya penerbangan pada tahun ini. Koordinasi erat juga dilakukan dengan setiap stakeholder,” kata Awaluddin, Selasa (23/5/2023).

“Bersama stakeholder, AP II berupaya untuk menangkap peluang pada periode pemulihan penerbangan di tengah pandemi sehingga Bandara Kertajati dapat semakin optimal melayani penerbangan bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya, serta berkontribusi dalam memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda menuturkan bahwa tingkat keterisian penumpang (load factor) di rute Bandara Kertajati – Kuala Lumpur yang dioperasikan AirAsia cukup baik.

“Pada penerbangan Minggu, 21 Mei 2023, penerbangan AirAsia dari Kuala Lumpur menuju Bandara Kertajati membawa 108 penumpang. Kami bersama maskapai akan berupaya untuk terus meningkatkan jumlah penumpang di rute internasional ini, dan mempromosikan pariwisata Jawa Barat,” jelas Nuril Huda.

Nuril Huda mengungkapkan setelah AirAsia nantinya akan ada lagi maskapai yang membuka penerbangan Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur.

“Pengajuan slot time sudah ada dari Super Air Jet untuk mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur pada Juni 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Garuda Indonesia juga telah mengajukan permohonan untuk melayani penerbangan umrah secara reguler pada Agustus mendatang.

“Garuda Indonesia rencananya mengoperasikan penerbangan umrah setiap Sabtu mulai 5 Agustus 2023 secara reguler,” terangnya.

Bandara Kertajati merupakan bandara di bawah PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Adapun pemegang saham di BIJB adalah Pemprov Jawa Barat dan PT Angkasa Pura II. (Rmt)