Beranda Bandara Garuda Indonesia Pastikan Penerbangan Haji 2023 Ramah Lansia

Garuda Indonesia Pastikan Penerbangan Haji 2023 Ramah Lansia

0
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade R Susardi mengecek kesiapan pesawat jenis Airbus A330 yang digunakan untuk melayani penerbangan Haji 2023 di Hangar 2 GMF AeroAsia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, 23 Mei 2023. (tangerangonline.id/rmt)

Garuda Indonesia memastikan penerbangan Haji 1444 H atau 2023 ini ramah terhadap jemaah lanjut usia (lanjut). Sejumlah persiapan untuk pelayanan dan kenyamanan para calon jemaah haji, baik selama di bandara maupun selama penerbangan disiapkan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra saat mengecek kesiapan pesawat yang digunakan untuk melayani penerbangan haji 2023 di Hangar 2 GMF AeroAsia di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Selasa (23/5/2023).

“Kementerian Agama memberitahu kita, tahun ini bahwa 30 persen daripada jemaah kita itu usianya diatas 65 tahun. Jadi diharapkan ini penerbangan haji ramah lansia. Untuk menyikapi itu tentunya kita banyak sekali persiapan-persiapan yang mesti kita lakukan. Insya Allah, semua persiapan sudah mendekati final ya,” kata Irfan.

Irfan mengatakan, Garuda Indonesia menambah jumlah kursi roda hingga petugas khusus untuk untuk melayani jemaah di pesawat dan saat tiba di tanah suci.

“Karena kita tahu, selain 30 persen adalah lansia, mayoritas yang pergi haji ini juga baru pertama kali naik pesawat ke luar negeri. Jadi tentu saja perlu dukungan atau perhatian khusus,” ujarnya.

“Kita juga kirim beberapa puluh orang ke Saudi, hanya untuk menjadi petugas haji Garuda Indonesia yang tugasnya adalah membantu jemaah hingga bisa kita serahkan ke Kementerian Agama di Saudi. Demikian juga nanti pulangnya, kita urus kepulangannya,” tambahnya.

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga menambah kurang lebih 400 awak kabin yang telah dilatih (trainee) untuk melayani jemaah lansia.

“Kita juga men-trainee awak kabin untuk memberi perlakuan khusus, jadi saya sudah minta misalnya bahwa setiap mereka (jemaah) yang mau ke toilet, didampingi dan memberitahukan caranya, membantu jemaah supaya meraka lebih nyaman,” jelasnya.

“Khusus untuk awak kabin, agar memperhatikan dengan sangat seksama situasi yang ada di dalam penerbangan karena ini penerbangan mendekati 10 jam,” sambung Irfan.

Kenyamanan di pesawat

Untuk memberikan kenyamanan kepada jemaah, bangku (seat) di pesawat Garuda Indonesia dipasang head rest dan disediakan bantal serta selimut. Selain itu, jemaah juga disuguhkan hiburan bernuansa islami dan makanan sesuai menu khas daerah embarkasi.

“Kami juga menambahkan nomor di seat untuk memudahkan para jemaah mencari tempat mereka duduk,” kata Irfan.

Sekadar diketahui, Garuda Indonesia menyiapakan 14 armada untuk melayani 104.172 calon jemaah haji asal Indonesia pada musim haji 2023 ini.

Adapun ke-14 armada berbadan lebar (wide body) tersebut nantinya akan melayani calon jemaah haji asal Indonesia dari dan menuju Tanah Suci mulai Rabu 24 Mei 2023 dini hari sampai dengan 2 Agustus 2023 mendatang.

Para calon jemaah Haji tahun ini akan dibagi ke dalam 287 kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan dari 9 embarkasi yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.
(Rmt)