Home Berita Cara Warga Kampung Babakan Suka Maju Sambut Idulfitri 1445H

Cara Warga Kampung Babakan Suka Maju Sambut Idulfitri 1445H

0

Menjelang hari kemenangan atau hari raya Idulfitri 1445 Hijriah, umat islam umumnya melakukan takbiran di masjid-masjid maupun mushala. Selain itu ada pula yang melangsungkan takbiran keliling menggunakan kendaraan.

Di Kampung Babakan Suka Maju, Desa Banjar Sari, Kecamatan Cileles, Lebak, Banten menggelar takbiran dengan cara berbeda.

Bagaimana tidak, sekitar kurang lebih 200 warga Kampung Babakan Suka Maju takbir keliling dengan cara jalan kaki. Mereka takbir keliling melewati sejumlah kampung sekitar dari Kampung Babakan – Cisero – Mencos – Pasirhuni – dan kembali ke Kampung Babakan.

Ketua Pemuda Kampung Babakan Suka Maju, Kurna mengatakan bahwa kegiatan takbir keliling ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Selain untuk menyambut hari kemenangan, takbir keliling ini tentunya untuk melestarikan tradisi di kampung kami,” kata Kurna pada Selasa (9/4/2024).

Lebih lanjut, Kurna menuturkan bahwa takbir keliling dengan berjalan kaki ini adalah salah cara untuk mempererat rasa kekeluargaan antar warga di Kampung Babakan Suka Maju menjelang perayaan 1 Syawal 1445H.

“Tentunya mempererat persaudaraan dan silaturahim, sekaligus menjadi kegiatan menyapa umat yang ada di desa tetangga,” ujarnya.

Kurna berharap tradisi takbir keliling dengan berjalan kaki ini tetap dilestarikan dan menjaga persaudaraan serta memelihara kerukunan.

“Semoga takbir keliling seperti ini tetap dilestarikan dan Insya Allah kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramadan – Ramadan berikutnya,” harapnya. (Rmt)