Home Berita ‘Pak Pulang!’ Asal Usul Nama Pamulang

‘Pak Pulang!’ Asal Usul Nama Pamulang

1

Pamulang adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Sebelum Kota Tangsel menjadi daerah otonom, Pamulang merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Tangerang.

Dahulu, Pamulang sejak masa karesidenan merupakan bagian dari Kecamatan Ciputat. Pamulang kemudian dimekarkan dari Ciputat pada tahun 1993 sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 3 tahun 1992.

Usal punya usul, nama Pamulang diyakini berasal dari kebiasaan warga Pamulang yang sering memanggil kepala keluarganya agar cepat pulang, “Pak Pulang! Cepetan Pak Pulang!”.

“Dulu, warga Pamulang kebanyakan kerja di Jakarta, sehingga anak-anaknya yang di rumah sering memanggil ayahnya agar segera pulang, Pak Pulang,” seloroh Deden Juardi, Camat Pamulang kepada tangerangonline.id, Senin (11/3).

Camat asli Betawi itu mengaku memperoleh cerita tersebut secara turun temurun dari kakeknya.
Hal ini berbanding lurus dengan fakta Pamulang kini, yakni kebanyakan warganya bermata pencahariaan di luar Pamulang, khususnya di daerah Jakarta.

“Bisa dibilang, Tangsel ini kota satelit. Yakni kota yang menopang Ibukota Jakarta, termasuk menopang distribusi tenaga kerjanya. Di tengah fakta seperti ini, Pamulang menjadi daerah yang cukup dekat dengan Ibukota, sehingga wajar saja bila banyak warganya bekerja di Jakarta,” tutup Deden. (Muf)


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here