Home Home 4 Hal Perlu Diketahui Pemilik Mobil Matic

4 Hal Perlu Diketahui Pemilik Mobil Matic

0

Saat ini banyak produsen mobil yang memproduksi dengan tipe transmisi matic. Selain kemudahan dalam berkendara, mobil dengan tramsmisi matic juga terasa nyaman saat dikendarai. Tidak perlu repot untuk mengatur tuas transmisi seperti mobil manual. Namun mobil matic memiliki kerentanan terhadap kerusakan, terutama pada bagian transmisi dan mesin.

Perlu Anda ketahui jika mobil matic sudah mengalami kerusakan, biayanya jauh lebih mahal ketimbang mobil dengan transmisi manual. Oleh karenanya, diperlukan perawatan yang ekstra untuk merawat mobil matic.

Terdapat empat langkah mudah yang dapat Anda lakukan dalam merawat mobil matic kesayangan Anda.

1. Lakukan Uji Jalan

Dalam beberapa bulan sekali, lakukan tes uji jalan terhadap mobil Anda. Caranya, dengan menjalankan mobil, kemudian cobalah pindahkan perseneling. Rasakan perpindahan persneling tersebut, jika saat memindahkan perseneling terdengar suara bising dan mobil agak tergoncang, berarti mobil Anda sedang mengalami masalah pada bagian transmisi, jika hal itu terjadi, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Transmisi merupakan bagian yang vital bagi sebuah mobil bertransmisi matic.

2. Secara Berkala Mengganti Oli

Walaupun terlihat sederhana, terkadang banyak juga yang mengabaikan hal ini. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin kendaraan agar gerak mesin tetap lancar. Saran tangerangonline.id, gunakan oli khusus untuk mobil matic. Atau automatic transmision fluid. Dan gantilah oli mobil jika sudah menempuh jarak antara 80.000 hingga 100.000 Km.

3. Panaskan Sebelum Berkendara

Memanaskan mobil sebelum berkendara bagian dari hal terpenting. Panaskan mobil sebelum bepergian agar seluruh komponen berfungsi dengan lancar. Pastikan dalam memanaskan mobil dianjurkan setiap Hari atau Seminggu sekali agar komponen (Oli, dll) mobil tetap stabil.

4. Teliti dalam menggunakan perseneling.

Hindari menggunakan perseneling ‘P’ saat mobil dalam keadaan belum benar-benar berhenti. Jikka hal itu dilakukan secara terus menerus, dapat menimbulkan kerusakan pada bagian perseneling mobil Anda.

Semoga tips, ini bermanfaat bagi para pengguna mobil yang bertransmisi matic, dan tetap merawat mobilnya. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here