Home Berita Kepala SDN Pondok Ranji 03 Utamakan Tanggung Jawab

Kepala SDN Pondok Ranji 03 Utamakan Tanggung Jawab

0

Seorang kepala sekolah merupakan sosok yang harus bertanggung jawab dan disiplin. Itulah yang diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Ranji 03, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Dra Euis Hendramaryani.

“Memimpin dilakukan dengan perbuatan. Kalau mau guru disiplin, saya harus disiplin dahulu. Lebih ke mencontohkan,” katanya ketika ditemui tangerangonline.id di SDN Pondok Ranji 03.

Penerapan tanggung jawab tersebut dilakukan pada semu sektor kehidupan, termasuk semakin ditopang dengan kebiasaannya mengajar sebagai seorang guru sejak tahun 1982. Rasa tanggung jawab itu membuat Euis lebih dekat dengan anak murid.

Menurutnya, Sekolah Dasar (SD) adalah jenjang paling berkesan. Selain mendidik selama enam tahun, dirinya memiliki kebanggaan dikarenakan memberikan andil dalam proses tumbuh kembang anak-anak.

“Karena di SD, anak-anak pertama kali bisa membaca dan menulis. Ya bangga saja,” ungkap Kepala SDN Pondok Ranji 03 yang menjabat dari tahun 2009 ini.

Menurut Euis, menjadi seorang pemimpin tidak mudah dan banyak suka dukanya. Ia merasa memiliki banyak kekurangan dan semua Ia jalani dengan ikhlas dan santai.

Jabatan Kepala Sekolah atau sering dikenal dengan sebutan Kepsek, memberikan tantangan bagi Euis. Kendati ada tantangan, Ia merasa senang memimpin dan bekerja sama dengan para guru.

“Senang kalau guru-guru mau mendengarkan. Kepsek itu harus bisa menempatkan waktu disaat jadi teman ya teman, kalau lagi memimpin ya mimpin,” tuturnya.

SDN Pondok Ranji 03 kini telah banyak menuai prestasi, seperti menjadi Juara Umum Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2015. Hal itu menjadi anugerah yang disyukuri Euis. Ia berharap, dirinya bisa terus membawa nama baik sekolah.

“Ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi sekolah dengan mengajar, memimpin, keluarga juga. Khususnya, membawa nama baik sekolah,” pungkasnya. (Ayu)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here