Home Agenda Kicau Mania, Gilang: Burung Juara tak Tentu dari Burung Mahal

Kicau Mania, Gilang: Burung Juara tak Tentu dari Burung Mahal

0
Gilang, ketua Tim Prabu dan sebagai Sekretaris Bendahara BNR Korwil Banten.

Bagi pecinta burung kicau atau Kicau Mania sudah tak asing mendatangi hingga mengikuti perlombaan kicau burung yang kini marak diselenggarakan oleh berbagai komunitas burung di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, tangerangonline.id mengunjungi perlombaan kicau burung yang diadakan oleh Team Batavia bekerjasama dengan Team Prabu yang ketuanya juga adalah Sekretaris Bendahara BNR Korwil Banten di Pujasera Perumahan Bumi Indah, Kabupaten Tangerang.

“Batavia rutin menggelar latihan kicau burung setiap hari Sabtu dan lomba pada hari Minggu per dua bulan sekali. Kebetulan event kali ini Batavia Team  bekerjasama dengan Prabu Team guna membangkitkan komunitas kicau ini,” ujar Gilang, ketua Tim Prabu dan juga sebagai Sekretaris Bendahara BNR Korwil Banten kepada tangerangonline.id, Minggu (22/05/2016) Sore.

Perlombaan kicau burung yang diadakan oleh Team Batavia bekerjasama dengan Team Prabu.
Perlombaan kicau burung yang diadakan oleh Team Batavia bekerjasama dengan Team Prabu.

Gilang juga menjelaskan, tujuan diadakannya perlombaan ini guna membangkitkan komunitas kicau burung dan juga mengajak kaum pemuda-pemudi untuk meninggalkan hal-hal negatif yang biasa dilakukan dan beralih untuk menggeluti hobi burung yang terbilang sangat produktif.

Event perlombaan burung yang digelar kemarin terbagi menjadi berbagai kriteria kelas. “Burung yang diperlombakan pada hari ini diantaranya adalah burung Murai Batu, Love Bird, Cucak Hijau, Kenari, Cucak Jenggot, Pleci dan Branjangan,” tambahnya.

Untuk peserta yang mengikuti perlombaan burung ini sekitar ribuan orang dan pendaftarannya pun sangat beragam. “Untuk kriteria pemenang diantaranya, untuk kelas utama burung Murai Batu dengan tiket pendaftaran senilai Rp 200 ribu juara 1 nya mendapatkan Thropy, uang Rp 8 juta dan Piagam. Sedangkan untuk kelas Lovebird dengan tiket pendaftaran senilai Rp 150 ribu juara 1 nya mendapatkan Thropy, uang Rp 4 juta dan Piagam dan seterusnya,” paparnya.

Cukup lumayan bagi yang serius menggeluti hobi burung ini, karena hobi ini dinilai sangat produktif dan banyak tantangan. Bagi pemula yang mulai menggeluti hobi burung, jangan takut dan jangan ragu.

“Ingat, prinsip yang harus ditekankan itu adalah ‘Burung Mahal Belum Tentu Juara, Burung Juara Belum Tentu Berasal Dari Burung Yang Mahal’. Dan kalau bingung bagaimana merawat burung kicau dan ingin mengetahui informasi tentang event perlombaan burung kicau atau informasi seputar burung, silahkan dan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dan menghubungi saudara Gilang selaku Sekretaris Bendahara BNR Korwil Banten,” imbuhnya. (Acp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here