Home Agenda BPBD Kota Tangerang Simulasi Kebakaran di Pondok Bahar

BPBD Kota Tangerang Simulasi Kebakaran di Pondok Bahar

0

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menggelar simulasi pencegahan terhadap kebakaran di Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Hal ini dilakukan guna mengedukasi masyarakat agar dapat mencegah bencana atau menanggulangi bencana saat kejadian dan tidak bergantung terhadap petugas pemadam ketika terjadi kebakaran.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Tangerang, Junijar mengatakan, sesuai arahan Walikota Tangerang bahwa petugas BPBD tidak hanya melaksanakan kegiatan saat bencana terjadi seperti banjir dan kebakaran. Namun petugas BPBD harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari bencana.

“Kegiatan ini digelar untuk mengedukasi masyarakat agar memahami dan mengetahui langkah apa yang dilakukan apabila terjadi bencana (kebakaran),” ujar Junijar kepada tangerangonline.id, Rabu (20/07/2016).

Junijar menambahkan, kegiatan yang dilakukan oleh BPBD  tidak hanya bersumber dari APBD saja, tetapi ada yang non APBD. Misalnya kegiatan pencegahan kebencanaan yang berbentuk sosialisasi dan pelatihan.

“Sasaran kegiatannya mulai dari lingkup Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Tokoh masyarakat, Para Pengusaha, Organisasi Pemuda, Kader Posyandu dan yang lainnya. Setiap kegiatan perkelurahan berjumlah 50 orang peserta,” tambahnya.

P_20160720_130603

Kegiatan yang dilakukan pada hari ini meliputi kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Kebakaran yang didampingi dengan kepala instruktur, baik menggunakan alat modern maupun alat tradisional. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Dalam sosialisasi dan simulasi tersebut banyak materi yang diberikan kepada peserta, berupa pengenalan teori api, langkah-langkah pencegahan kebakaran, tata cara penggunaan alat-alat proteksi kebakaran seperti hydrant, pompa dan lainnya.

“Kita lakukan kegiatan ini juga karena banyak peserta yang belum paham menggunakan alat-alat proteksi. Makanya saat ini kita berikan pelatihan kepada mereka,” jelas Junijar.

Kemudian petugas BPBD memberikan langkah upaya penanggulangan bencana terkait kelembagaan dibentuk satuan gugus kebencanaan di 4 gugus yaitu Kecamatan Karawaci, Cipondoh, Karang Tengah dan Ciledug.

“Kita juga agenda kelurahan tangguh bencana lebih khusus di lokasi kelurahan terdampak bencana, yang sudah ada di Kelurahan gembor,” paparnya. (Acp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here