Home Berita Pemkot Tangerang Gencar Sosialisasi Kesehatan Hewan Kurban

Pemkot Tangerang Gencar Sosialisasi Kesehatan Hewan Kurban

0

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP) menggelar Sosialisasi Kesehatan Hewan dan Kesejahteraan Hewan di Gedung Cisadane, Jalan KS. Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Senin (29/8/2016).

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian, Peternakan dan Perikanan Dr. H. Ariefyanto dalam pembukaan mengatakan, bahwa pihaknya berharap pada tahun ini pelaksanaan kurban yang dilakukan bernilai dan sah hingga ketangan penerima daging tersebut.

“Semoga lebih baik dari tahun sebelumnya dan apa yang sudah kita kerjakan dengan semangat ini bisa bernilai hingga nanti dikonsumsi,” ucapnya.

Dirinya menyatakan, pihaknya hanya mengawasi kepada para pedagang hewan kurban yang ada di Kota Tangerang. Tidak menangani langsung pemotongan hewan kurban di setiap wilayah yang ada di Kota Tangerang.

“Pengawasan kami selama ini terbatas pada pedagang, sedangkan untuk langsung menangani hewan kurban di daerah-daerah ya para petugas DKM ini jadi perlu kita berikan pengetahuan lebih mengenai mensejahterakan hewan kurban,” jelas Dr. H. Arief.

Sementara itu, dalam materi Dr. H. Supratikno dosen Institute Pertanian Bogor (IPB) menyampaikan, bahwa hewan yang akan disembelih perlu ditangani secara profesional, agar daging hewan tersebut berkualitas.

“Kalau hewan stress nanti dagingnya akan tidak enak, alot, dan tidak manis, jadi sebelum disembelih hewan harus diperlakukan dengan baik,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, pemotongan hewan kurban harus secara cepat dan tepat. Darah yang di dalam hewan tersebut tidak tersumbat. “Pisau harus memutus 3 saluran, trakhea, esofagus, dan pembuluh darah, agar darah tidak tersumbat dan menyebabkan hewan lama mati,” paparnya.

Materi tersebut selaras dengan yang disampaikan KH Arif Hidayat, bahwa penyembelihan hewan kurban harus sesuai dengan syariat islam. Dimana hewan kurban tersebut dalam keadaan sehat, tidak cacat.

“Menurut hadist Tirmidzi dan Muslim, hewan kurban tidak boleh pincang, buta, sakit, kurus dan harus cukup umur,” terangnya.

Selain itu juga, membuat ikhsan terhadap hewan kurban itu sangat diwajibkan dalam agama Islam. “Ikhsan itu wajib dilakukan pada setiap hewan yang akan dikurbankan, perlakukan dengan baik bahkan sesaat sebelum disembelih,” jelasnya.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh 104 petugas Dewan Kemakmiran Mesjid (DKM) se-Kota Tangerang dengan perwakilan satu orang setiap kelurahannya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here