Home Agenda OPH Peringati Sumpah Pemuda dengan Seminar Cegah Korupsi Dana Desa

OPH Peringati Sumpah Pemuda dengan Seminar Cegah Korupsi Dana Desa

0

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Organisasi Penimbang Hukum (OPH) bersama Kesbangpol dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa Kabupaten Tangerang mengadakan diskusi publik di Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dengan tema ‘Peran Pemuda Dalam Mencegah Korupsi di Sektor Dana Desa’, Sabtu (29/10/2016).

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang Usman mengatakan, untuk pembangunan desa khususnya di Kabupaten Tangerang peran pemuda itu sangat penting dikarenakan pemuda adalah agen perubahan tapi tetap sesuai dengan koridor dan aturan yang ada.

“Jadi pemuda harus hadir dalam pembangunan segala aspek, terutama untuk pembangunan desa,” terangnya.

Sementara, Harsat, Jaksa Fungsional Intel Kejari Tigaraksa Kabupaten Tangerang mengungkapkan, untuk meminimalisir penyalahgunaan dana desa, diharapkan pemuda juga berperan aktif melaporkan temuan yang menyimpang dalam penyerapan dana desa ke Kejari Kabupaten Tangerang.

“Karena kami sendiri terkendala dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mengenai pengawasan dana desa, jadi saya berharap peranan pemuda di Kabupaten Tangerang jika ada peyalahgunaan mengenai Dana Desa, silahlan langsung melapor ke pihak kami, kami akan menindak lanjuti laporan tersebut,” jelasnya.

Ketua OPH Anri Saputra Situmeang menambahkan, adanya dugaan penyalahgunaan wewenang (abose of power) yang dilakukan oleh petugas desa, hal itu karena tidak adanya transparansi dan akuntabel yang dilakukan kepala desa di wilayah.

“Kami meminta untuk semua petugas desa agar melakukan transparansi dan akuntabel dalam penggunaan Dana Desa, agar tidak ada dugaan dari penyalahgunaan wewenang terhadap penggunan dana desa,” ujar pemuda humoris ini.

Jika dilihat, hampir kurang lebih 206 kepala desa tidak melakukan laporan pertanggungjawaban (LPj) Dana Desa tahap pertama kepada Bidang Pembangunan Desa, Kabupaten Tangerang. Apalagi dengan program presiden Republik Indonesia, Jokowi dalam mereformasi Hukum.

“Kami berharap adanya reformasi kukum di badan Kejari Kabupaten Tangerang dan kami berharap kepada kepada desa harus siap melakukan revolusi mental dalam kinerja mengelola anggaran dana desa (ADD) secara transparansi dan akuntabel, jangan biarkan malah menjadi revolusi mental,” tukasnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here