Home Berita Walikota Tangsel Apresiasi Uji Kompetensi Wartawan

Walikota Tangsel Apresiasi Uji Kompetensi Wartawan

1

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selesai dilaksanakan pukul 13.00 WIB di Wisma Tamu Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Acara yang berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 19-20 November 2016 ini secara seremoni ditutup oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Dalam sambutannya, Airin mengapresiasi kegiatan UKW yang dilaksankan di Kota Tangsel. Dengan UKW itu menjadi salah satu bagian penting pemerintah bersinergi baik dengan wartawan dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Komunikasi yang baik dengan media berguna untuk mempertanggung jawabkan apa yang sedang dilakukan dan apa yang akan dilakukan pemerintah,” katanya di hadapan seluruh peserta UKW, Minggu (20/11).

Airin memberikan selamat kepada wartawan yang dinyatakan kompeten dalam UKW kali ini. “Selamat bagi yang kompeten, yang belum jadikan motivasi untuk bisa belajar kembali karena kegagalan adalah sukses yang tertunda,” ujarnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tangsel, Junaidi berharap agar UKW kali ini dapat melahirkan wartawan yang berkualitas. Dirinya pun memberitahukan Walikota Tangsel bahwa wartawan harus memiliki tiga kartu yakni kartu dari media tempat bekerja, kartu keanggotaan dari organisasi profesi yang diakui dewan pers (PWI, AJI dan IJTI), dan kartu dari Dewan Pers bagi yang telah lulus UKW.

“Semoga Tangsel dapat terbebas dari wartawan yang tidak punya kompetensi,” katanya saat memberi sambutan, Minggu (20/11/2016).

Sementara itu, Direktur UKW, Usman Yatim menginformasikan bahwa terdapat sebanyak 58 peserta yang mengikuti UKW di Tangsel dan 53 orang yang menjalani tahap registrasi. Para peserta berasal dari wartawan yang meliput di Kota Tangsel dan dari kota/kabupaten se-Banten.

“Dari jumlah pendaftar registrasi hasilnya 45 orang dinyatakan kompeten, dan 7 orang belum,” kata Usman memberi laporan dihadapan para wartawan.

Dalam penutupan acara, PWI juga memberikan nominasi penghargaan ‘Sahabat Pers’ terhadap instansi Pemkot Tangsel, antara lain Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, BP2T, Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman, Kesbangpolinmas, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah, dan Dinas Kesehatan serta pihak swasta Sinar Mas Land.

Penutupan dihadiri Sekretaris Dewan Penasehat PWI Pusat M Nuh Hatumena, Direktur UKW Usman Yatim dan PWI Banten. (ayu)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here