Home Berita Lagi, PWI Tangsel Gelar Sertifikasi Wartawan

Lagi, PWI Tangsel Gelar Sertifikasi Wartawan

0
SHARE

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menggelar sertifikasi wartawan melalui kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Resto Bukit Pelayangan, Cilenggang, Serpong, Sabtu (6/5/2017). Kegiatan UKW ini merupakan sertifikasi wartawan kali kedua yang digelar di Tangsel.

Ketua PWI Tangsel Junaidi dalam sambutannya mengatakan, UKW merupakan kegiatan menyaring dan menciptakan insan pers yang berdedikasi dan profesionalitas. Kegiatan ini juga bagian menegakan Undang-Undang Pers.

“Wartawan memiliki aturannya tersendiri dalam menjalankan karya jurnalistik. Profesionalisme harus dikedepankan dan dijaga. Karena insan pers adalah penyambung informasi yang layak dikonsumsi ke masyarakat,” katanya.

Ia berharap wartawan yang bertugas khususnya di wilayah Tangsel dapat memiliki sertifikasi wartawan. Dengan demikian, Tangsel memiliki wartawan yang berkompeten.

“Saya selaku Ketua PWI Tangsel juga menginginkan semua wartawan di Tangsel dapat memiliki kartu UKW,” harapnya.

Sementara, Direktur UKW PWI Pusat Usman Yatim mengatakan, rangkaian UKW terdiri dari jenjang, yakni jenjang tingkat Muda yang dapat diikuti dari jajaran reporter dan redaktur, tingkat Madya untuk jabatan redaktur pelaksana, dan tingkat Utama untuk jabatan pimpinan redaksi dan pimpinan perusahaan.

“Teknis jenjang UKW perlu diketahui ada tingkat Muda, Madya, dan Utama. Nantinya, masing-masing jabatan dam media mempunyai jenjang tingkatannya,” jelasnya.

Dia juga berharap dengan terus digencarkannya pendidikan, pelatihan dan penambahan wawasan kejurnalistikan seperti yang digelarnya UKW dapat menciptakan pemberitaan dan informasi yang kredibel.

Perlu diketahui, peserta UKW yang ikut sebanyak 35 orang terdiri para wartawan baik media cetak dan elektronik untuk mengikuti tiga kategori jenjang uji yakni Muda, Madya dan Utama. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here