Home Berita Festival Peh Cun Dirayakan di Jalan Kalipasir Tangerang

Festival Peh Cun Dirayakan di Jalan Kalipasir Tangerang

0
SHARE

Masyarakat Kota Tangerang kembali menggelar perayaan Peh Cun di Jalan Kalipasir, Kota Tangerang. Perayaan tahunan ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat etnis Tionghoa maupun non Tionghoa, mulai dari pejabat pemerintahan hingga masyarakat sipil.

Pada rangkaian kegiatan Peh Cun kali ini, masyarakat Tionghoa melakukan persembahyangan untuk menolak bala dari cuaca ekstrim. Setelah itu acara dilanjutkan dengan melempar bacang ke sungai Cisadane dengan makna menghormati jasa Qu Yuan dalam mempertahankan kebenaran demi membela negara.

“Jadi pada jaman dahulu, rakyat yang merasa sedih atas meninggalnya Qu Yuan yang menceburkan diri, melemparkan nasi dan makanan lain ke sungai agar ikan dan udang dalam sungai tersebut tidak mengganggu Qu Yuan. Untuk menghindari makanan tersebut dari Naga Sungai, maka mereka membungkusnya dari daun-daunan yang kita kenal dengan bacang,” jelas Oey Tjin Eng selaku Humas Panitia Peh Cun.

Selain melempar bacang, ada juga tradisi buang bebek yang dimana bebek tersebut dilempar ke sungai untuk ditangkap kembali dan sayap bebeknya terdapat pita yang berisikan doorprize yang bisa ditukarkan.

“Buang bebek itu buang kias atau buang sial, yang merasa dirinya ingin lepas dari bala ya dia buang bebek. Ada 100 bebek yang dilepaskan bebeknya dari masyarakat. Nanti yang nangkep bisa dapet doorprize seperti dispenser, rice cooker, kipas angin dan lain sebagainya,” ujar Tjin Eng. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here