Home Berita Kiosk Self Check In Hadir di Terminal 1C Bandara Soetta

Kiosk Self Check In Hadir di Terminal 1C Bandara Soetta

0

Setelah tersedia di Terminal 3, layanan self check in juga hadir di Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Sebanyak 12 kiosk layanan Check in mandiri untuk penumpang Citilink dan Batik Air.

Hadirnya fasilitas ini dapat membantu mengurangi antrian saat melakukan proses check in, terlebih pada saat jumlah penumpang meningkat dari hari biasanya (peak season).

Branch Communication Manager Bandara Soetta Dewandono Prasetyo Nugroho mengatakan, layanan tersebut saat ini sedang dalam tahap uji coba yang sudah dilakukan sejak Jumat (3/11) kemarin.

“Saat ini sedang diuji coba, rencananya mulai Jumat (10/11) nanti sudah dapat digunakan secara keseluruhan,” kata Prasetyo kepada tangerangonline.id, Minggu (5/11/2017).

Namun, fasilitas ini hanya ditujukan untuk penumpang yang membawa bagasi kabin yang sesuai dengan ketentuan maskapai.

Dengan kata lain, layanan check in mandiri tersebut hanya untuk penumpang yang tidak membawa bagasi yang harus dilaporkan atau bagasi tercatat.

“Jadi self check in ini untuk pengguna jasa yang hanya membawa bagasi yang dapat dibawa ke kabin pesawat. Apabila lebih dari ketentuan yang ada, pengguna jasa harus melalui konter check in untuk melaporkan bagasinya,” kata Prasetyo.

Untuk aturan bagasi yang diperbolehkan dibawa ke dalam kabin pesawat sudah diatur oleh Transportation Security Administration (TSA). TSA menetapkan, bagasi kabin adalah, koper kecil yang dapat dibawa penumpang ke dalam kabin pesawat terbang.

Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu koper kecil bersama satu benda pribadi seperti laptop, tas, tas ransel, tas kantor atau tas kamera.

Ukuran koper yang diperbolehkan dibawa ke dalam kabin harus muat untuk dimasukkan ke dalam bagasi kabin dan beratnya tidak lebih dari 7 kilogram.

Ukuran tas atau koper yang diperbolehkan masuk kabin adalah 18 inci (45 cm), 19 inci (48 cm) dan maksimal 20 inci (51 cm).

Sementara koper dengan ukuran 22 inci (55,8 cm) atau lebih harus masuk bagasi pesawat (bagasi tercatat) meskipun beratnya tidak mencapai 7 kilogram.

Kendati demikian, setiap maskapai memiliki standar koper atau ransel yang berbeda-beda untuk dapat dibawa penumpang masuk ke dalam kabin pesawat. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here