Home Berita Pemkot Tangerang Terima Penghargaan Badan Publik Informatif di Provinsi Banten

Pemkot Tangerang Terima Penghargaan Badan Publik Informatif di Provinsi Banten

0
SHARE

Ajang Pemeringkatan Badan Publik Tingkat Provinsi Banten tahun 2017 ini mengantarkan Pemkot Tangerang sebagai satu-satunya Badan Publik dengan kategori “Informatif” di Provinsi Banten.

Anugerah tersebut diterima Kepala Bagian Humas dan Protokol, Felix Mulyawan, selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemkot Tangerang di Aula Pendopo Gubernur Banten, Kamis (7/12/2017) ini sekaligus menjadikan Pemkot Tangerang sebagai juara bertahan dalam tiga tahun berturut-turut.

Dalam sambutannya, Ketua Komisioner Komisi Informasi (KI) Provensi Banten, Maskur menjelaskan bahwa kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh KI Banten dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi implementasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Banten ini menghasilkan rentang nilai yang cukup signifikan.

“Hanya ada satu Badan Publik di Provinsi Banten, yaitu juara I kategori Kab/kota yang mencapai klasifikasi Badan Publik “informatif”, dengan capian nilai 96 – 100. Di bawahnya, klasifikasi “menuju informatif” dengan nilai 80-95 dan itupun tidak banyak. Baru terakhir, “klasifikasi cukup informatif” mendominasi capaian badan publik dalam memberikan pelayanan informasi publik,” papar Maskur.

Berbeda dari penyelenggaraan pemeringkatan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, KI Banten tidak hanya melakukan pemantauan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Provinis Banten dan Kab/ Kota saja tetapi juga BUMD di Provinsi Banten. Sehingga, bukan hanya Pemkot saja yang mempertahankan juara tetapi dua BUMD di lingkungan Pemkot Tangerang yaitu PD. Pasar dan PDAM Tirta Benteng turut unjuk gigi dalam tahun pertama keikutsertaannya masing-masing sebagai badan publik kategori BUMD terbaik kedua dan ketiga di Provinsi Banten.

Usai menerima penghargaan, PPID Utama Kota Tangerang mengatakan bahwa capaian ini tidak lepas dari sinergitas dan kekompakan pengelola informasi dan dokumentasi di lingkungan Pemkot.

“Di PPID ada kerjasama harmonis antara Setda dalam hal ini Bagian Humas dan Bagian Hukum serta Dinas KOMINFO. Dan tak kalah penting seluruh PPID Pembantu di tiap-tiap SKPD. Ke depan, mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan informasi kepada publik lebih baik lagi,” tutup Felix. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here